Strategi Pemasaran Pembukaan Digital Saving dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia Unit Taman Griya

Lysandra, Putu and Dewi, Nyoman Indah Kusuma and Rumini, Ni Luh Putu Inten (2023) Strategi Pemasaran Pembukaan Digital Saving dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia Unit Taman Griya. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744104_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover – Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1915744104_0029096404_0010106214_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (405kB)

Abstract

Ragamnya tuntutan dan perkembangan dunia mendorong pesatnya tranformasi digital di berbagai bidang, salah satunya perbankan yang gencar membuka pelayanan rekening online guna memudahkan nasabah dalam bertransaksi dan mengenal produk, Digital Saving merupakan product jasa PT Bank Rakyat Indonesia dimana nasabah dapat membuka rekening online melalui website khusus dan didukung oleh fasilitas e-banking maupun sistem real online . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treats) Digital Saving pada PT Bank Rakyat Indonesia Unit Taman Griya yang dituangkan dalam Matrik Eksternal Factor Analysis Summary (EFAS) dann Matrik Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dengan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara serta kusioner, kuisioner disisi oleh pihak internal maupun eksternal. Dimana diketahui nilai masing-masing sumbu X dan sumbu Y berdasarkan selisih antara jumlah faktor-faktor yang terdapat pada EFAS dan IFAS, yakni sumbu X sebesar 0.31 dan sumbu Y sebesar 0.22, setelah diolah kembali dalam diagram kartesius diketahui bahwa PT Bank Rakyat Indonesia Unit Taman Griya berada kuadran 1 (Growth) sehingga memerlukan usaha intensif untuk meningkatkan posisi daya saing maupun daya tarik nasabah pada Digital Saving , adapun beberapa strategi dapat diterapkan ialah strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk dan strategi integratif, adapun hasil menunjukkan pemanfaatan seluruh kekuatan untuk memperbaiki kelemahan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perbankan
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Putu Lysandra
Date Deposited: 11 Sep 2023 05:11
Last Modified: 11 Sep 2023 05:11
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9670

Actions (login required)

View Item View Item