Juliarta, I Kadek and Laksana, I Putu Yoga and Sintadevi, Ni Putu Rita (2023) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Politeknik Negeri Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93308_2215764036_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2215764036_0009098804_0004069501_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (520kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas layanan dan kepuasan mahasiswa di Politeknik Negeri Bali. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Politeknik Negeri Bali. Objek penelitian pada penelitian ini sekaligus populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Angkatan 2021/2022 di Politeknik Negeri Bali. Adapun variabel penelitian ini yaitu kualitas layanan yang terdiri dari lima indikator [Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Emphaty), dan Bukti Fisik (Tangible)], serta kepuasan yang terdiri dari tigas indikator [kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, serta kesediaan merekomendasikan]. Pengambilan sampel penelitian menggunakan banyaknya jumlah sampel sebagai responden harus disesuaikan dengan banyaknya indikator pernyataan [total 8 item pernyataan] yang digunakan pada kuesioner, dengan rumus asumsi n x 10 sehingga sampel penelitian berjumlah 80 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner berisikan pernyataan sesuai dengan variabel penelitian. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier dengan bantuan program statistic SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang meliputi aspek Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Bukti Fisik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di Politeknik Negeri Bali. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengelola institusi pendidikan dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa. Evaluasi dan pemantauan terhadap kualitas layanan serta pengumpulan umpan balik dari mahasiswa secara berkala juga penting untuk mengidentifikasi kekurangan dan melakukan perbaikan yang diperlukan. Kata Kunci: Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Layanan, Politeknik Negeri Bali, Analisis Regresi Linier Sederhana, SPSS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | I Kadek Juliarta |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 05:40 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 05:40 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9746 |
Actions (login required)
View Item |