Penanganan Perpindahan Kamar Tamu oleh Bellboy di Anantara Seminyak Bali Resort

Mertayasa, Ngurah Komang and Putra, I Gusti Agung Sadnyana and Suarta, I Ketut (2022) Penanganan Perpindahan Kamar Tamu oleh Bellboy di Anantara Seminyak Bali Resort. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823130_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823130_0023036309_0015096308_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (638kB)

Abstract

Penulisan Tugas Akhir ini mengkaji tentang bagaimana cara penanganan perpindahan kamar tamu oleh bellboy di hotel Anantara Seminyak Bali Resort. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif. Hasil penulisan menunjukan bahwa tugas dari seorang bellboy bukan hanya untuk meyambut kedatangan tamu, tugas lain dari seorang bellboy yaitu menangani perpindahan kamar. Perpindahan kamar di Anantara Seminyak Bali Resort sering terjadi pada tamu individu, hal ini dikarenakan beberapa faktor. Perpindahan kamar bisa disebabkan dari berbagai faktor baik dari tamu itu sendiri maupun hotel, faktor dari tamu diantaranya ketidak puasan tamu terhadap kamar, tamu ingin mencari suasana baru, sedangkan faktor dari hotel yaitu kamar tidak layak, air conditioner rusak, dan berbagai faktor non-teknis lainnya. Dalam menangani barang bawaan tamu diperlukan pengetahuan mengenai tehnik penanganan barang untuk menghindari kerusakan pada barang bawaan tamu atau hal-hal yang tidak diinginkan. Penanganan barang bawaan tamu harus dilakukan dengan hati-hati dan diperlakukan dengan perlakuan khusus, yang sering dikenal dengan handling with care. Kendala yang sering dihadapi dalam penanganan perpindahan kamar yaitu barang tamu yang belum siap di packing, tamu memasang DND sign, kunci kamar kadang tidak bisa digunakan. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menginformasikan kepada tamu untuk melakukan packing sebelum pindah kamar dan agar tidak memasang DND sign serta mengecek kembali kunci kamar untuk meminimalisir kendala yang terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: Ngurah Komang Mertayasa
Date Deposited: 16 Sep 2022 23:36
Last Modified: 16 Sep 2022 23:36
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item