Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan di Water Park Umbul Bening untuk Menunjang Keberlanjutan Lingkungan

Hadi, Maskur (2024) Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan di Water Park Umbul Bening untuk Menunjang Keberlanjutan Lingkungan. Masters thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Chapter 1, Chapter 6 and Reference)
RAMA_93103_2215885004_0031126283_0031126359_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (936kB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93103_2215885004_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93103_2215885004_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan sumber daya lingkungan sebagai penunjang kegiatan wisata, menuntut pihak pengelola Umbul Bening memberikan pelayanan yang memperhatikan terhadap kualitas lingkungan, dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan kepuasan wisatawan, sehingga perlu diketahui persepsi wisatawan terkait kualitas pelayanan yang sedang diterapkan. Metode penelitian menggunakan mix-methode sequential exploratory, dengan teknik pengambilan sampel accidental sampel sebanyak 322 responden, data kuantitatif diolah menggunakan SERVQUAL (service quality) dan IPA (important performance analisize), sedangkan pengolahan data kualitatif dianalisis dengan FGD (focus grup discussion), hasil penelitian menunjukan persepsi wisatawan terhadap kualitas pelayanan berbasis keberlanjutan lingkungan kurang baik dengan adanya kesenjangan kualitas pelayanan khususnya terkait kualitas lingkungan, model pelayanan mengacu pada servicescape menjadi alternatif untuk menciptakan kualitas lingkungan dalam memberikan pelayanan dengan pendekatan paradigma SOR (stimulus,organism,respon) diharapkan mampu memberikan pengaruh terhadap konsistensi karyawan dalam melaksanakan pekerjaanya untuk menunjang keberlanjutan lingkungan. Kata Kunci: Persepsi, Pelayanan, Servicescape, Keberlanjutan lingkungan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: persepsi wisatawan, kualitas pelayanan, keberlanjutan lingkungan
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi S2 Perencanaan Pariwisata > Tesis
Depositing User: Maskur Hadi
Date Deposited: 24 Jul 2024 08:50
Last Modified: 11 Aug 2024 07:52
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10756

Actions (login required)

View Item View Item