Analisis Tingkat Pelayanan Jalan dan Pedestrian Akibat Aktivitas Pasar Kuta 1 di Ruas Jalan Raya Kuta dan Sekitarnya

Prasetya, Pande Putu Dimas and Hermawati, Putu and Moi, Fransiska (2022) Analisis Tingkat Pelayanan Jalan dan Pedestrian Akibat Aktivitas Pasar Kuta 1 di Ruas Jalan Raya Kuta dan Sekitarnya. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_22302_1815124053_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 sampai Refersensi)
RAMA_22302_1815124053_0023046604_0001098710_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (773kB)

Abstract

Pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor dan aktivitas kegiatan masyarakat yang berkembang pesat merupakan salah satu faktor penyebab padatnya arus lalu lintas di jalan raya, sehingga tingkat pelayanan jalan menjadi menurun dan tidak nyaman bagi pengguna jalan, selain itu pada jalur pejalan kaki di ruas jalan raya Kuta terjadi hambatan samping akibat adanya penggunaan trotoar sebagai tempat berjualan di area pasar Kuta 1 sehingga tingkat pelayanan jalur pejalan kaki menjadi menurun dan tidak nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan dan pedestrian akibat adanya aktivitas pasar Kuta 1 di ruas jalan raya Kuta dan sekitarnya. Setelah diperoleh data volume kendaraan yang terjadi pada jam sibuk, dilakukan analisa lalu lintas berdasarkan pada pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dan volume pejalan kaki dilakukan analisa dengan Highway Capacity Manual, 1985. Hasil analisa yang diperoleh bahwa kemacetan terjadi karena adanya hambatan samping yang disebabkan karena penggunaan badan jalan sebagai parkir di ruas jalan raya Kuta tepatnya di depan pasar Kuta sehingga didapatkan hasil C, dengan DS sebesar 0,722 dan hasil tingkat pelayanan jalan tanpa adanya hambatan samping didapatkan hasil A dengan DS sebesar 0,282. Sementara untuk tingkat pelayanan pedestrian dengan adanya hambatan samping didapatkan hasil A dengan nilai rasio pada segmen I sebesar 0,072 dan nilai rasio pada segmen II sebesar 0,084 dan tingkat pelayanan pedestrian tanpa hambatan samping didapatkan hasil A, dengan nilai rasio pada segmen I sebesar 0,031 dan nilai rasio pada segmen II sebesar 0,060.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Pedestrian, Hambatan samping, Kapasitas jalan, Tingkat Pelayanan Jalan dan Pejalan Kaki.
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Bidang Teknik Sipil Lain Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi
Depositing User: Pande Putu Dimas Prasetya
Date Deposited: 16 Sep 2022 13:48
Last Modified: 16 Sep 2022 13:48
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item