Brahmansa, I Putu Pedi (2024) Proses Taking Order pada Kubu Restaurant Mandapa A Ritz-Carlton Reserve. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2115823251_0031126457_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2115823251_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Seperti yang kita ketahui, taking orders merupakan salah satu tahap yang terpenting dalam proses pelayanan pelanggan restoran. Hal ini berkaitan dengan Standard Operating Procedures yang pada dasarnya menjadi fondasi atau dasar yang perlu diterapkan oleh setiap restoran pada umumnya. Sementara itu, taking orders sendiri merupakan metode pelayanan yang praktis, yaitu dimana produk restoran (baik makanan atau minuman) yang dipesan oleh tamu atau pelanggan sudah siap untuk dibuat dan langsung disajikan. Salah satu aspek yang paling menentukan seberapa baik prosedur taking orders yang diterapkan suatu restoran adalah komunikasi antara order takers (pelayan) dengan bagian kitchen (dapur). Komunikasi yang baik antara 2 departemen ini perlu didahului dengan pengulangan pesanan pelanggan oleh order takers untuk memastikan tidak adanya miskomunikasi oleh semua pihak. Selain itu, kesalahan dalam taking orders juga dapat berpengaruh terhadap penghasilan restoran. Apabila kesalahan sudah banyak dilakukan oleh beberapa pelayan atau bahkan sudah terjadi beberapa kali, maka pengelola restoran atau restaurant manager perlu melakukan konsultasi oleh pihak yang bersangkutan. Hasil yang diharapkan dari konsultasi ini tentunya untuk mencari solusi terhadap kesalahan yang dilakukan dan juga sebagai antisipasi guna meminimalisir kesalahan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Dalam Tugas Akhir ini, penulis akan membahas tentang bagaimana proses taking orders oleh waiters/waitress di Kubu Restaurant Mandapa A Ritz-Carlton Reserve.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | proses, taking order, restaurant |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Putu Pedi Brahmansa |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:21 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11314 |
Actions (login required)
View Item |