Pengaruh Ekstensifikasi Pajak, Pemeriksaan Pajak, dan Jumlah Pelaporan SPT terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi

Andirawati, Pande Nyoman Tiarra (2024) Pengaruh Ekstensifikasi Pajak, Pemeriksaan Pajak, dan Jumlah Pelaporan SPT terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62303_2015654040_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62303_2015654040_0805118501_0022068901_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62303_2015654040_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (868kB) | Request a copy

Abstract

Pajak memainkan peran penting dalam keberlangsungan dan kemajuan suatu negara. Namun, rasio penerimaan pajak Indonesia belum sesuai target yang ditetapkan OECD. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi dalam pengoptimalan penerimaan pajak baik melalui langkah-langkah yang diambil oleh otoritas pajak maupun dengan peningkatan tingkat kesadaran wajib pajak agar patuh terhadap kewajiban perpajakan. Penelitian ini berupaya mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pajak terutama dalam konteks pajak penghasilan orang pribadi yang dilakukan dengan menganalisis pengaruh ekstensifikasi pajak, pemeriksaan pajak, dan jumlah pelaporan SPT terhadap penerimaan pajak penghasilan orang pribadi. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh ekstensifikasi pajak, pemeriksaan pajak, dan jumlah pelaporan SPT terhadap penerimaan pajak penghasilan orang pribadi baik secara simultan maupun parsial. Data sekunder digunakan dalam penelitian dengan menerapkan teknik sampling jenuh untuk melakukan pemilihan sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series yang mencakup jumlah wajib pajak terdaftar setelah proses ekstensifikasi pajak, jumlah penerbitan SKPKB terkait pemeriksaan pajak, jumlah pelaporan SPT serta realisasi penerimaan pajak penghasilan orang pribadi pada KPP Pratama Gianyar periode tahun 2020-2023. Metode analisis yang digunakan adalah uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 25 guna mengidentifikasi pengaruh secara simultan maupun parsial. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersamaan yakni ekstensifikasi pajak, pemeriksaan pajak, dan jumlah pelaporan SPT memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap penerimaan pajak penghasilan orang pribadi dengan ketiga variabel independen mampu menjelaskan sebesar 32,4% variasi dalam variabel dependen. Namun, apabila ditelaah lebih dalam, secara parsial disimpulkan bahwa ekstensifikasi pajak dan pemeriksaan pajak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap penerimaan pajak penghasilan orang pribadi. Sedangkan, variabel jumlah pelaporan SPT tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap penerimaan pajak penghasilan orang pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ekstensifikasi, pemeriksaan, pelaporan SPT, pajak penghasilan
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi
Depositing User: Pande Nyoman Tiarra Andirawati
Date Deposited: 01 Sep 2024 03:44
Last Modified: 01 Sep 2024 03:44
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12290

Actions (login required)

View Item View Item