Perbandingan Efektivitas Digital Marketing Dengan Konvensional Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk UMKM (Studi Kasus : Kuta Metelu Herbal)

Manuharani, Ni Nyoman and Kencanawati, Anak Agung Ayu Mirah and Narti, Ni Ketut (2022) Perbandingan Efektivitas Digital Marketing Dengan Konvensional Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk UMKM (Studi Kasus : Kuta Metelu Herbal). Repositori Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744108_Pernyataan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (610kB)
[img] Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744108_Artikel.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (198kB)
Official URL: https://repository.pnb.ac.id

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis perbandingan efektivitas penerapan digital marketing dengan konvensional marketing dan memberikan gambaran atas penerapan digital marketing untuk meningkatkan volume penjualan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dengan pemilik UMKM Kuta Metelu Herbal. Hasil Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan digital marketing dalam melakukan promosi produk dapat meningkatkan pengetahuan calon konsumen terhadap produk yang akan dipasarkan dan meningkatkan minat beli konsumen. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi, diperoleh nilai koefisien korelasi untuk variabel digital marketing sebesar 0,850 dalam kategori sangat kuat, sedangkan variabel konvensional marketing sebesar 0,663 dalam kategori kuat. Dapat disimpulkan bahwa minat beli konsumen lebih meningkat jika UMKM Kuta Metelu Herbal melakukan pemasaran melalui digital marketing daripada konvensional marketing. UMKM Kuta Metelu Herbal dapat memperluas promosinya melalui media digital lain yaitu e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, maupun Lazada karena peningkatan konsumen yang berbelanja online semakin hari semakin meningkat. Kata Kunci: Digital Marketing, Konvensional Marketing, Perbandingan Efektifitas

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Nyoman Manuharani
Date Deposited: 29 Sep 2022 00:47
Last Modified: 04 Oct 2022 07:11
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item