Eksplorasi Isu Income Shifting Incentives Multinational Company terhadap Tax Avoidance

Aprilyanti, Ni Luh Made Wulan (2024) Eksplorasi Isu Income Shifting Incentives Multinational Company terhadap Tax Avoidance. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62303_2015654055_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62303_2015654055_0014091103_0026106307_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62303_2015654055_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pajak sebagai denyut nadi pembangunan menjadikannya komponen terpenting bergeraknya pemenuhan kebutuhan dan pembangunan infrastruktur nasional. Komponen terpenting ini menjadi landasan utama oleh otoritas terkait yang berwenang untuk terus berupaya meningkatkan rasio penerimaan negara dari pajak. Peminimalisiran kegiatan penghindaran pajak yang dilakukan oknum tidak patuh menjadi salah satu tantangan yang dihadapi dalam menuju optimisme pembangunan yang berkesinambungan. Pelaku tidak patuh, yakni entitas besar melakukan skema penghindaran pajak dengan menggunakan berbagai insentif, strategi dan struktur yang telah dirancang secara cermat atau dikenal dengan income shifting incentives. Penelitian dirancang untuk menguji pengaruh income shifting incentives terhadap praktik penghindaran pajak yang meliputi bonus mechanism, profitability, dan related party transactions. Fokus penelitian diarahkan pada perusahaan sektor basic materials dan energy yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 – 2023. Multinational company dikhususkan dalam penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling, serta digunakan teknik analisis regresi linear berganda sebagai teknik analasis data penelitian. Penelitian mengungkapkan temuan bahwa variabel bonus mechanism memiliki pengaruh terhadap tindakan tax avoidance. Namun, berkorelasi berlawanan dengan variabel profitability dan related party transactions yang secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap praktik tax avoidance. Pada kedudukan simultan variabel bonus mechanism, profitability, dan related party transactions secara signifikan berpengaruh terhadap tindakan tax avoidance pada sektor perusahaan yang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mekanisme bonus, income shifting incentives, profitability, related party trasactions, penghindaran pajak
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Perpajakan
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Perpajakan > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Made Wulan Aprilyanti
Date Deposited: 07 Sep 2024 07:57
Last Modified: 07 Sep 2024 07:57
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item