Pengaruh Digital Marketing dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) pada Pendapatan UMKM di Kecamatan Balikpapan Utara

Yolanda, Dhiva Febri (2024) Pengaruh Digital Marketing dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) pada Pendapatan UMKM di Kecamatan Balikpapan Utara. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_2015644202_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2015644202_4107107601_0028098702_Part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62301_2015644202_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya peran UMKM dalam perekonomian Indonesia dan tantangan yang dihadapi dalam mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan pendapatan. Digital marketing dan QRIS merupakan dua elemen penting dalam pemasaran modern yang dapat membantu UMKM dalam meningkatkan pendapatan serta efisiensi operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Digital Marketing dan QRIS terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 97 UMKM sebagai responden dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (Digital Marketing dan QRIS) dan variabel dependen (pendapatan UMKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel independen, yaitu Digital Marketing dan QRIS, berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0.631, yang berarti kedua variabel tersebut mampu menjelaskan 63.1% variasi pendapatan UMKM. Hasil uji-t menunjukkan bahwa Digital Marketing memiliki nilai thitung 4,404 > ttabel 1,985 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan QRIS memiliki nilai t sebesar 5.084, yang keduanya signifikan pada tingkat 0.000 < 0.05. Hasil uji-F juga menunjukkan bahwa secara simultan, Digital Marketing dan QRIS berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM dengan nilai F sebesar 83.079 dan sig. 0.000. Penggunaan teknologi digital dalam bentuk Digital Marketing dan QRIS dapat meningkatkan pendapatan UMKM di Kecamatan Balikpapan Utara. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku UMKM dan pemangku kepentingan untuk lebih mendorong adopsi teknologi digital dalam kegiatan operasional UMKM guna meningkatkan daya saing dan pendapatan UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, QRIS, Pendapatan UMKM
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Dhiva Febri Yolanda
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:37
Last Modified: 09 Sep 2024 05:37
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13918

Actions (login required)

View Item View Item