Pengaruh Modal Usaha dan Intensitas Pemasaran Digital terhadap Pertumbuhan Pendapatan UMKM di Balikpapan

Nisa, Afifah Fakhrun (2024) Pengaruh Modal Usaha dan Intensitas Pemasaran Digital terhadap Pertumbuhan Pendapatan UMKM di Balikpapan. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_2015644207_Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2015644207_0013096801_0011056712_Part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (616kB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62301_2015644207_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah memberikan kontribusi tak kalah penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Serta arus globalisasi yang cepat membuat perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat. Dalam menjalankan sebuah usaha faktor yang paling mendukung adalah modal usaha serta adanya pemasaran produk secara digital untuk di kenal lebih jauh. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari modal usaha dan intensitas pemasaran digital dalam meningkatkan pertumbuhan pendapatan UMKM di Balikpapan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan data primer. Data yang digunakan adalah hasil jawaban kuesioner dengan cara menyebarkan kepada responden melalui google forms. Populasi penelitian yaitu pelaku UMKM yang berada di Balikpapan kota dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan purposive random sampling dan dibantu dengan perhitungan rumus slovin. Metode analisis penelitian ini dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa modal usaha secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan pendapatan UMKM, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung 3,717 > ttabel 1,986 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Intensitas pemasaran digital secara parsial tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan pendapatan UMKM, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung 1,912 < ttabel 1,986 dan nilai sig. 0,059 > 0,05. Sedangkan modal usaha dan intensitas pemasaran digital secara bersama-sama berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan pendapatan UMKM, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai nilai Fhitung 11,188 > Ftabel 2,70 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal usaha dan intensitas pemasaran digital secara bersama-sama berpengaruh dalam meningkatkan pertumbuhan pendapatan UMKM. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menambahkan variabel lain yang dapat memengaruhi pertumbuhan pendapatan UMKM seperti jam operasional maupun lokasi usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modal Usaha, Intensitas Pemasaran Digital, Pertumbuhan Pendapatan UMKM
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Afifah Fakhrun Nisa
Date Deposited: 09 Sep 2024 10:09
Last Modified: 09 Sep 2024 10:09
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/13939

Actions (login required)

View Item View Item