Pengembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Bali.Qu di Marketplace Shopee Melalui Metode SOAR

Astari, Ni Putu Sri and Adnyana, Ida Bagus Artha and Gede, I Gusti Ketut (2022) Pengembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Bali.Qu di Marketplace Shopee Melalui Metode SOAR. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1815744019_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1815744019_0031126360_0008126111_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Shopee merupakan salah satu marketplace hybrid B2C dan C2C yang paling populer digunakan saat ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 membawa dampak yang baik bagi peningkatan eksistensi marketplace. Peluang inilah yang menjadi awal mula terbentuknya Bali.Qu. Saat ini, Bali.Qu telah menyandang predikat star+ dan memiliki lebih dari 100 produk. Namun, diperlukan adanya inovasi dan kreativitas dalam strategi pemasaran yang digunakan dengan melihat hal-hal positif yang ada seperti faktor kekuatan, aspirasi, peluang dan hasil yang ingin dicapai kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pemasaran Bali.Qu. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis SOAR dan matriks QSPM. Penggunaan analisis SOAR didasarkan pada keinginan untuk menggali dan mengembangkan hal-hal positif pada perusahaan untuk kemudian dikombinasi untuk menemukan alternatif strategi yang tepat dan ditentukannya strategi prioritas melalui matriks QSPM. Dengan analisis SOAR dihasilkan 12 alternatif strategi. Pada tahap akhir yaitu dengan menggunakan matriks QSPM ditentukan 3 strategi prioritas yaitu mengembangkan strategi komunikasi pemasaran melalui influencer untuk memperluas pasar, mengembangkan strategi komunikasi pemasaran menggunakan teknik copywriting yang tepat dan membangun sistem komunitas reseller. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bisnis Online, Shopee, Analisis SOAR, Matriks QSPM ABSTRACT Shopee is one of the most popular B2C and C2C hybrid marketplaces used today. It is undeniable that the Covid-19 pandemic has had a good impact on increasing the existence of marketplace. This opportunity is the beginning of the formation of Bali.Qu. Currently, Bali.Qu has earned the title of star+ and has more than 100 products. However, innovation and creativity are needed in the marketing strategy used by looking at the positive things that exist such as strengths, aspirations, opportunities and results to be achieved in the future. The purpose of this research is to develop a marketing strategy for Bali.Qu. This study uses a qualitative descriptive analysis technique. The method used is SOAR analysis and QSPM matrix. The use of SOAR analysis is based on the desire to explore and develop positive things in the company and then combine them to find the right alternative strategy and determine priority strategies through the QSPM matrix. With SOAR analysis produced 12 alternative strategies. In the final stage, by using the QSPM matrix, 3 priority strategies were determined, namely developing a marketing communication strategy through influencers to expand the market, developing a marketing communication strategy using appropriate copywriting techniques and building a reseller community system. Keywords: Marketing Strategy, Online Business, Shopee, SOAR Analysis, QSPM Matrix

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Sri Astari
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:40
Last Modified: 29 Sep 2022 03:40
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item