Kebijakan Membangun Brand Awareness (Studi Kasus: Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) Pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra Regional 3)

Yuniati, Kadek Erma and Adiningrat, Gede Pradiva and Marheni, Lily (2022) Kebijakan Membangun Brand Awareness (Studi Kasus: Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) Pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra Regional 3). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_1815744020_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1815744020_0031019202_0007096409_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan membangun brand awareness di Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional Bali Nusra Regional 3 beserta peluang dan hambatannya. Penelitian ini di-analisa menggunakan Strategi Branding yang terdiri dari Brand Positioning, Brand Personality, Brand Identity dan Brand Communica-tion. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta data sekunder meliputi arsip, buku dan internet. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tahap pengumpulan data, pemilihan data, pen-yajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan perusahaan membangun brand awareness terhadap BMTH dengan menonjolkan keunggulan BMTH sebagai satu-satunya homeport di Indonesia dan meningkatkan value pelabuhan melalui NFT pada patung ikon BMTH. Secara personality, perusahaan berusaha membangun persepsi konsumen bahwa BMTH adalah pelabuhan hijau yang sarat dengan budaya Bali. Strategi perusahaan dalam mengkomunikasikan brand yaitu melalui Focus Group Discussion, barter value dengan pihak eksternal serta melalui media sosial. Dalam usaha tersebut, perusahaan melihat adanya peluang bahwa belum adanya pelabuhan berbasis homeport di Indonesia dan kebiasaan masyarakat saat ini yang tertarik dengan hal-hal yang bersifat baru dan mendorong BMTH menjadi viral. Adapun hambatan-hambatan yang terjadi antara lain BMTH belum memiliki identitas brand dan pemasaran melalui media sosial yang masih terpusat di satu akun PT Pelindo (Persero). Kata Kunci: Brand Awareness, Strategi Branding, BMTH, homeport

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Kadek Erma Yuniati
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:28
Last Modified: 29 Sep 2022 01:28
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item