Apryanti, Kadek Mely and Arjana, I Wayan Basi and Widana, I Putu Krisna Arta (2022) Penerapan Green Practice untuk Mendukung Pariwisata Berkelanjutan di Senja Restoran, Sheraton Senggigi Beach Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA-933303-2115854046_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover -Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA-933303-2115854046_0007086206_0028098802_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (819kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan green practice dan dampaknya dalam upaya mendukung pariwisata berkelanjutan di Senja Restoran, Sheraton Senggigi Beach Hotel dan Resort. Penerapan green practice ditinjau dari aspek green food, green action, dan green donation. Sedangkan dampak penerapan green practice ditinjau dari aspek ekonomi, sosial, operasional dan lingkungan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan green practice pada Senja restoran sudah dilakukan secara signifikan. Akan tetapi kriteria penerapan green practice dalam kategori green donation masih belum dilaksanakan secara maksimal baik dari sisi Senja Restoran maupun pihak hotel itu sendiri. Hal berbeda terlihat dari penerapan green practice dalam kategori green food dan green action. Pihak Senja Restoran sudah menerapkan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan penerapan green practice seperti penggunaan bahan lokal pada menu Senja Restoran, melakukan perubahan menu makanan dan minuman sesuai musim, penggantian alat saji plastik dengan bahan ramah lingkungan, dan penggunaan botol plastik daur ulang. Beberapa kendala yang menjadi kesulitan dalam penerapan green practice di Senja Restoran yakni staf restoran yang masih belum memahami konsep green practice secara teori, namun mereka mampu menerapkan praktek-praktek yang berkaitan dengan green practice dan mendukung pariwisata berkelanjutan secara tidak langsung, berikutnya ialah pihak manajemen hotel yang masih fokus pada pemulihan pasca pandemi sehingga penerapan green practice masih belum maksimal dilakukan, dan terakhir ialah belum adanya pedoman khusus yang dibuat oleh manajemen restoran untuk mengatur kebijakan terkait penerapan green practice baik di hotel maupun restoran. Mereka hanya memiliki pedoman yang berasal dari Marriot International yang tertera dalam laporan CSR yakni Serve 360 Report tahun 2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Kadek Mely Apryanti |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 01:41 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 11:20 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4621 |
Actions (login required)
View Item |