Rahman, Saeful and Nadra, Nyoman Mastiani and Sari, I Gusti Agung Mas Krisna Komala (2022) Penerapan Konsep Green Hotel Pada Living Asia Resort and Spa Lombok. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_933303_2115854028_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (205kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_933303_2115854028_pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (64kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul Penerapan Konsep Green Hotel pada Living Asia Resort and Spa Lombok ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan konsep green hotel pada Living Asia Resort and Spa Lombok dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pada penerapan konsep green hotel di Living Asia Resort and Spa Lombok. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melakukan observasi, wawancara, studi pustaka dan melakukan dokumentasi penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif untuk menjelaskan data secara umum atau generalisasi, dengan menghitung nilai minimum, nilai maksimum, nilai rata-rata (mean), dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penerapan konsep Green Hotel adalah 70% menunjukkan bahwa secara keseluruhan penerapan konsep green hotel oleh Living Asia Resort and Spa Lombok adalah “sesuai”. Aspek-aspek green hotel yang penerapannya tergolong sangat sesuai yaitu aspek manajemen operasional, aspek manajemen lingkungan sekitar, aspek penggunaan material ruangan, aspek tata guna lahan. Sedangkan aspek yang dalam kategori cukup sesuai adalah aspek kualitas udara dalam ruangan, aspek konservasi air, aspek efisiensi energi dan aspek pengelolaan limbah berwa-wasan lingkungan. Kemudian, ken-dala kendala yang dihadapi Hotel Living Asia Resort and Spa dalam menerapkan konsep green hotel adalah minimnya akses pembiayaan yang menunjang program green hotel dan minimnya edukasi dan sosialisasi Program Green Hotel kepada staf maupun tamu hotel.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Saeful Rahman |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 04:55 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 04:55 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/4634 |
Actions (login required)
View Item |