Antariksa, Kadek Suputri and Wendri, I Gusti Made and Triyuni, Ni Nyoman (2023) Implementasi Green Practice dalam Meningkatkan Perilaku Green Tamu oleh Wellness Center Receptiont Como Uma Canggu Hotel. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5, dan Referensi)
RAMA_93303_1915834021_0023095811_0031126285_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834021_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan green practice oleh wellness center reception ini dapat mengedukasi tamu dalam berperilaku green, dan untuk mengetahui apakah penerapan green practice yang dilakukan wellness center ini dapat meningkatkan perilaku green tamu. Penentuan informan sebagai sumber data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Terdapat enam informan dalam penelitian ini, yaitu wellness center manager, wellness center supervisor, wellness center reception, dan people and culture manager. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan teknik triangulasi. Hasil penelitian yaitu penerapan konsep green practice pada wellness center department COMO Uma Canggu dilakukan bertujuan untuk mengedukasi untuk ikut menerapkan konsep green practice dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menjadi kebiasaan yang baik dalam upaya menjaga lingkungan. Penerapan konsep green practice ini juga bertujuan agar dapat meningkatkan perilaku green tamu dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan green yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa penerapan green practice pada departemen wellness center COMO Uma Canggu telah diterapkan secara maksimal untuk dapat meningkatkan edukasi dan meningkatkan perilaku tamu dalam menerapkan konsep green practice dalam berkegiatan sehari-hari, bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Konsep green practice dapat tercipta melalui beberapa hal yait dengan menerapkan green action, green food, dan green donation. Sosialisasi yang diberikan oleh wellness center reception terkait dengan penerapan green practice diharapkan untuk mampu meningkatkan perilaku green tamu. Terdapat tiga hal yang dapat memengaruhi peningkatan perilaku tamu menjadi green, yaitu pengetahuan terhadap lingkungan, sikap terhadap lingkungan dan tindakan pro lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Kadek Suputri Antariksa |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 12:08 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 12:08 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7084 |
Actions (login required)
View Item |