Puspiani, Ni Luh and Muderana, I Ketut and Yasa, Gede Sedana Wibawa (2023) Prosedur Penyelesaian Kredit Macet Pada Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Pembantu Bangli. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713159_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan referensi)
RAMA_63411_2015713159_0031126240_0001039502_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (448kB) |
Abstract
Di era society 5.0 ini pertumbuhan ekonomi suatu bangsa memerlukan pola pengaturan sumber - sumber ekonomi yang tersedia secara terarah dan terpadu serta dimanfaatkan bagi kepentingan kesejahteraan masyarakat. pertumbuhan Lembaga - lembaga perekonomian bahu membahu mengelola dan menggerakkan semua potensi ekonomi agar berdaya dan berhasil guna secara optimal dalam menggerakkan roda perekonomian suatu bangsa. Sehingga dibutuhkan suatu lembaga keuangan yang disebut bank. Peranan bank diantaranya memberikan kredit kepada para nasabah. Pemberian kredit merupakan suatu proses yang membutuhkan pertimbangan analisis yang baik dari pimpinan bank agar kemungkinan terjadinya hal-hal yang merugikan pihak bank dapat dihindari. Dalam pemberian kredit kepada calon debitur tidak lepas dari risiko, sehingga bank harus dapat memberikan penilaian untuk menyelesaikan proses administrasi. Analisis penilaian yang digunakan pada perbankan merupakan penilaian 5C, yaitu Character (karakter), Capability (kapasitas), Capital (modal), Collateral (jaminan), dan Condition of Economy (kondisi 2 ekonomi). Kredit bermasalah mampu diukur dengan tingkat klasifikasi status kualitas debitur (berdasarkan kriteria kurang lancar, diragukan, dan macet) sebagai persentase dari jumlah pinjaman bank yang telah disalurkan dan kredit bermasalah berdampak buruk pada likuiditas bank dan menyebabkan kerugian dan kredit bermasalah harus segera diselesaikan dengan baik agar dapat menghindari kondisi yang dapat merugikan bank. Oleh karena itu, diperlukan solusi dan prosedur agar bank terhindar dari kredit macet. Dalam penelitian tersebut terdapat 2 rumusan masalah antara lain: 1.Bagaimana prosedur penyelesaian kredit macet pada Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Pembantu Bangli? 2.Apakah kendala yang dihadapi dalam menyelesaikan kredit bermasalah pada Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Pembantu Bangli? Metode analisis yang digunakan yaitu penelitian deskripsi kualitatif. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini yaitu bisa membantu proses prosedur penyelesaian kredit macet agar bisa diterapkan dengan baik pada PT Bank Mandiri Taspen KCP Bangli.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Luh Puspiani |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:52 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:52 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/7941 |
Actions (login required)
View Item |