Pelayanan Berbasis Green Tourism dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan oleh Food and Beverage Service Department pada Four Points by Sheraton Bali Kuta

Agustini, Ni Kadek and Sudiarta, Made and Elistyawati, Ida Ayu (2022) Pelayanan Berbasis Green Tourism dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan oleh Food and Beverage Service Department pada Four Points by Sheraton Bali Kuta. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834021_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover- Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_0006126808_0014076704_1815834021_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (542kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pelayanan berbasis green tourism oleh food and beverage service department di Four Points By Sheraton Bali Kuta dan dampaknya terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah green product, green service, green design, hemat energi dan reduce consumtion. Sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Sampel penelitian ditentukan dengan metode sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang sebagai responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini menurut jenisnya adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sedangkan data menurut sumbernya yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa informasi-informasi hotel Four Points By Sheraton Bali Kuta yang didapatkan melalui website hotel dan langsung dari human resource manager hotel. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan statiska deskriptif rentang skala likert. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pelayanan berbasis green tourism pada variabel green service dan hemat energi kurang baik menurut pelanggan. Variabel green product, green design dan reduce consumtion sudah baik menurut pelanggan. Dampak pelayanan berbasis green tourism terhadap kepuasan pelanggan di The Eatery Restaurant adalah pelanggan membeli kembali produk dan jasa, merekomendasikan produk dan jasa kepada orang lain, membeli jenis produk lain The Eatery Restaurant, tertarik membeli produk makanan dan minuman dari The Eatery Restaurant dibandingkan dari restoran lain dan memberikan komentar dan saran positif mengenai produk dan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Kadek Agustini
Date Deposited: 15 Sep 2022 00:54
Last Modified: 18 Sep 2022 13:34
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item