Implementasi E-Service Quality dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu pada Department Front Office di Alila Ubud

Mellinda, Ni Putu Diah and Armoni, Ni Luh Eka and Suarja, I Ketut (2023) Implementasi E-Service Quality dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu pada Department Front Office di Alila Ubud. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1915834078_0026106308_0031126242_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1915834078_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi e-service quality dalam meningkatkan kepuasan tamu pada department front office di Alila Ubud yang memiliki 7 indikator e-service quality meliputi: efisiensi, keandalan, pemenuhan, privasi, daya tanggap, kompensasi, kontak pada Alila Ubud terhadap kepuasan tamu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang tamu yang tinggal dan berkunjung ke Alila Ubud menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan analisis regresi linier sederhana. Sebelum melakukan analisis, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner yang disebarkan kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hotel telah mengimplementasikan e-service quality dengan baik, yang dapat dilihat dari hasil yang didapatkan bahwa e-service quality berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan tamu. Berdasarkan hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh E Service Quality terhadap kepuasan tamu adalah 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 6,641 > nilai t-tabel 1,984 menunjukkan bahwa E Service Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Diah Mellinda
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:36
Last Modified: 06 Sep 2023 03:36
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8574

Actions (login required)

View Item View Item