Gunawan, I Made Fajar Perry and Elfarosa, Ketut Vini and Saputra, Upayana Wiguna Eka (2023) Analisis Efektivitas Pengelolaan Piutang di Hotel Radisson Blu Bali Uluwatu. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93308_1915744155_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_1915744155_0003127605_8995750022_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (980kB) |
Abstract
Kebijakan penjualan secara kredit merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh hotel Radisson Blu Bali Uluwatu dalam meningkatkan volume penjualan. Penjualan secara kredit akan menimbulkan piutang. Piutang akan meningkat apabila piutang tersebut tertagih. Sebaliknya apabila piutang tidak tertagih maka dapat menghambat perusahaan dalam memperoleh laba. Untuk meminimalisir terjadinya piutang tak tertagih, penting bagi perusahaan untuk menerapakan pengelolaan piutang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan piutang pada hotel Radisson Blu Bali Uluwatu. jenis penelitian ini dalah penelitian Mix-Method. Alat ukur yang digunakan adalah analisis efektifitas piutang dengan rasio Account Receivable Turn Over, Account Receivable Average Collection Period, dan Uji Chi Square. Analisis Profitabilitas dengan rasio Net Proft Margin (NPM), Return on Invesment (ROI), dan Return on Equity (ROE). Serta analisis horizontal dan analisis prinsip 5C. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pengelolaan piutang pada hotel Radisson Blu Bali Uluwatu belum efektif dilihat dari hasil uji Chi Square yang menunjukkan bahwa nilai X2 hitung (19,79) > nilai X2 tabel (9,49), maka H0 ditolak. Hipotesis H0 ditolak, dimana hipotesis H0 adalah efektivitas pengelolaan piutang tidak efektif. Perputaran piutang cukup berpengaruh terhadap profitabilitas dikarenakan modal untuk membiayai operasional tertanam dalam piutang. Serta dalam pemberian kredit hotel Radisson Blu Bali Uluwatu belum sepenuhnya menggunakan prinsip 5C. Berdasarkan analisis prrinsip 5C yang dilakukan memperoleh 2 klausal yang dapat ditambahkan pada sales contract.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | I Made Fajar Perry Gunawan |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 13:13 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 13:13 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8894 |
Actions (login required)
View Item |