Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Koperasi Online Terhadap Kepuasan Pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Bali

Pratiwi, Anita Dwi and Artatanaya, I Gusti Lanang Suta and Suamba, Ida Bagus Putu (2023) Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Koperasi Online Terhadap Kepuasan Pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2215764014_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215764014_0020046804_0031126361_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (757kB)

Abstract

Aplikasi Koperasi Online merupakan sebuah aplikasi berbasis website yang digunakan sebagai sarana kegiatan koperasi karyawan pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Bali. Kegiatan koperasi karyawan pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Bali hampir seluruhnya dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi koperasi online. Sehingga sangat penting untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan. Dalam penelitian ini, kualitas layanan aplikasi koperasi online diukur dengan menggunakan metode WebQual 4.0. WebQual merupakan instrumen yang menilai kualitas layanan suatu website menurut perspektif pengguna akhir. Dimana didalamnya terdapat tiga variabel yaitu Usability Quality/kemudahan pengguna (X1), Information Quality/kualitas informasi (X2), serta Service Interaction Quality/kualitas interaksi (X3). Pengambilan sampel dilakukan dengan 100 responden pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Bali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis data regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel yang ada yaitu Usability Quality/kemudahan pengguna (X1), Information Quality/kualitas informasi (X2), serta Service Interaction Quality/kualitas interaksi (X3) pada aplikasi koperasi online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Selain itu, pada penelitian ini juga menghasil User Manual/Buku Panduan penggunaan aplikasi koperasi online sebagai output luaran dari penelitian ini guna menunjang untuk meningkatkan kualitas layanan aplikasi koperasi online terhadap kepuasan. Kata kunci : WebQual 4.0, Kepuasan, Aplikasi Koperasi Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Bidang Ekonomi Lain Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Anita Dwi Pratiwi
Date Deposited: 09 Sep 2023 13:23
Last Modified: 09 Sep 2023 13:23
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8953

Actions (login required)

View Item View Item