Pratiwi, Anita Dwi and Artatanaya, I Gusti Lanang Suta and Suamba, Ida Bagus Putu (2023) Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Koperasi Online Terhadap Kepuasan Pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93303_2215764014_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2215764014_0020046804_0031126361_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (757kB) |
Abstract
Aplikasi Koperasi Online merupakan sebuah aplikasi berbasis website yang digunakan sebagai sarana kegiatan koperasi karyawan pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Bali. Kegiatan koperasi karyawan pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Bali hampir seluruhnya dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi koperasi online. Sehingga sangat penting untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan. Dalam penelitian ini, kualitas layanan aplikasi koperasi online diukur dengan menggunakan metode WebQual 4.0. WebQual merupakan instrumen yang menilai kualitas layanan suatu website menurut perspektif pengguna akhir. Dimana didalamnya terdapat tiga variabel yaitu Usability Quality/kemudahan pengguna (X1), Information Quality/kualitas informasi (X2), serta Service Interaction Quality/kualitas interaksi (X3). Pengambilan sampel dilakukan dengan 100 responden pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Bali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis data regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel yang ada yaitu Usability Quality/kemudahan pengguna (X1), Information Quality/kualitas informasi (X2), serta Service Interaction Quality/kualitas interaksi (X3) pada aplikasi koperasi online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Selain itu, pada penelitian ini juga menghasil User Manual/Buku Panduan penggunaan aplikasi koperasi online sebagai output luaran dari penelitian ini guna menunjang untuk meningkatkan kualitas layanan aplikasi koperasi online terhadap kepuasan. Kata kunci : WebQual 4.0, Kepuasan, Aplikasi Koperasi Online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Bidang Ekonomi Lain Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Anita Dwi Pratiwi |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 13:23 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 13:23 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/8953 |
Actions (login required)
View Item |