Maulani, Nilam and Kencanawati, Anak Agung Ayu Mirah and Rumini, Ni Luh Putu Inten (2023) Tugas-Tugas Sekretaris Di Unit Airport Equipment Pada PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_2015713161_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63411_2015713161_0012067204_0010106214_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (544kB) |
Abstract
Dalam perusahaan, secara mendasar tentu sangat ditentukan oleh adanya sumber daya manusia. Sumber daya manusia adalah salah satu faktor penting dalam setiap perusahaan untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan dari perusahaan. Salah satu sumber daya manusia yang penting dalam perusahaan untuk mendukung kegiatan administrasi perkantoran serta kelancaran kegiatan pimpinan dan pegawai yang ada diperusahaan adalah seorang sekretaris. Sekretaris tidak dapat lagi dianggap hanya sebagai juru ketik saja, tetapi tugas sekretaris dari hari kehari semakin berkembang. Dengan berkembangnya tugas sekretaris, sekretaris harus mampu menyelesaikan pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya dengan baik sekaligus bertanggung jawab terhadap pekerjaannya yang memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Pekerjaan sekretaris sangat berdampak besar bagi perusahaan, karena sekretaris dapat membantu pimpinan dalam menyelesaikan pekerjaannya seperti mempersiapkan rapat, menelepon, mengatur perjalanan dinas pimpinan dengan relasinya, menyusun jadwal kegiatan pimpinan dan menangani surat masuk dan surat keluar. Setiap pimpinan yang ada di PT Angkasa Pura I memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dalam melaksanakan pekerjaannya, oleh sebab itu pimpinan membutuhkan sekretaris untuk dapat membantu dalam menyelesaikan sebagian pekerjannya. Selain itu sekretaris harus mampu memanfaatkan waktu luang dengan baik untuk menyelesaikan tugasnya agar tidak menghambat kelancaran kegiatan pimpinan. Setiap pimpinan pada PT Angkasa Pura I Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali memiliki sekertaris di setiap unitnya, namun tugas sekretaris belum berjalan dengan optimal karena tugas yang dikerjakan sekretaris sangat banyak, selain membantu pimpinan sekretaris juga harus membantu karyawan lainnya, sehingga terkadang ada beberapa pekerjaan yang tidak dapat dikerjakan dengan maksimal. Seperti apabila pimpinan atau pegawai memerlukan data-data dari divisi lain, maka sekretarislah yang bertugas untuk mengambil data yang diperlukan. Dalam penelitian ini terdapat 2 rumusan masalah yang ditetapkan. Rumusan masalah tersebut antara lain “Bagaimana pelaksanaan tugas-tugas sekretaris di Unit Eqiupment pada PT Angkasa Pura I Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali?” dan “2. Apa kendala yang dihadapi oleh sekretaris dalam menjalankan tugas-tugas nya di Unit Equipment pada PT Angkasa Pura I Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali?”. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dengan membuat gambaran secara lengkap dari masalah yang diteliti berdasarkan data dan informasi yang didapatkan di Perusahaan. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah sekertaris harus mengetahui tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum membantu menyelesaikan tugas pimpinan atau karyawan lainnya, sehingga mampu mengurangi tugas sekretaris yang menumpuk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Nilam Maulani |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 14:10 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 14:10 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/9063 |
Actions (login required)
View Item |