Analisis Anggaran Biaya sebagai Alat Bantu Perencanaan dan Pengendalian Proyek Di PT Kresna Putra Karya (Studi Kasus Proyek Peningkatan Ruas Jalan Pertigaan Segah Payungan)

Putri, Ni Luh Kadek Mardani and Putrayasa, I Made Agus and Aryaningsih, Ni Nyoman (2023) Analisis Anggaran Biaya sebagai Alat Bantu Perencanaan dan Pengendalian Proyek Di PT Kresna Putra Karya (Studi Kasus Proyek Peningkatan Ruas Jalan Pertigaan Segah Payungan). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1915644050_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5, Referensi)
RAMA_62301_1915644050_0029087803_0013096801_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan suatu proyek konstruksi dapat diukur berdasarkan pemenuhan tujuan proyek yang meliputi penyelesaian tepat waktu, sesuai anggaran yang telah direncanakan, dan mencapai standar kualitas yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana rencana anggaran biaya proyek digunakan sebagai alat untuk perencanaan dan pengendalian. Penelitian ini dilaksanakan di PT Kresna Putra Karya pada proyek Peningkatan Ruas Jalan Pertigaan Segah Payungan, yang berlokasi di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dipergunakan adalah data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa data rencana anggaran biaya proyek dan realisasi biaya proyek. Metode pengukuran analisis data yang dipergunakan adalah analisis varian yang membandingkan antara anggaran dan realisasi biaya bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead. Hasil dari penelitian ini menunjukan PT Kresna Putra Karya belum berhasil mencapai hasil yang memuaskan dalam proyek Peningkatan Jalan Pertigaan Segah Payungan terutama pada perencanaan dan pengendalian biaya. Perencanaan anggaran sudah dilakukan dengan baik sesuai prosedur yang ditetapkan oleh manajemen perusahaan. Namun, kendala terjadi pada pengendalian biaya, terbukti dari selisih kerugian pada biaya tenaga kerja langsung yang melebihi anggaran Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengawasan secara berkala, baik dalam perencanaan anggaran maupun dalam proses pelaksanaan proyek di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Kadek Mardani Putri
Date Deposited: 13 Sep 2023 13:11
Last Modified: 13 Sep 2023 13:11
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10250

Actions (login required)

View Item View Item