Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Pembelian Dan Pengeluaran Persediaan Barang Dagang Pada Harsono Boutique Resort Bali

Dewi, Dewa Ayu Yanies Switya and Pertiwi, Ni Made Wirasyanti Dwi and Suwintana, I Ketut (2023) Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Pembelian Dan Pengeluaran Persediaan Barang Dagang Pada Harsono Boutique Resort Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62401_2015613043_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5, Referensi)
RAMA_62401_2015613043_0015018104_0019017802_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan utama dalam sistem pengendalian internal adalah menjaga asset perusahaan terutama atas pembelian dan pengeluaran persediaan barang dagang. Sebagai tambahan, pihak perusahaan harus mampu mengawasi dan mengevaluasi efisiensi serta efektivitas proses pembelian dan pengeluaran barang dagang. Selanjutnya, agar dapat berguna dan relevan untuk pengambilan keputusan, data harus akurat, andal, dan tepat waktu. Analisis sistem pengendalian internal atas pembelian dan pengeluaran barang dagang perlu dilakukan agar dapat mengetahui apakah sistem pengendalian internal yang diterapkan perusahaan sudah sesuai sehingga tujuan utama dari sistem pengendalian internal dapat tercapai. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini menggambarkan prosedur yang dijalankan pada pembelian dan pengeluaran barang dagang. Obyek yang diteliti dalam hal ini adalah analisis sistem pengendalian internal atas pembelian dan pengeluaran barang dagang pada Harsono Boutique Resort Bali. Data diperole melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, dilakukan analisis dan evaluasi untuk menemukan kemungkinan adanya permasalahan serta memberikan beberapa saran yang dapat diterapkan. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa secara umum sistem pengendalian internal atas pembelian dan pengeluaran persediaan barang dagang pada Harsono Boutique Resort Bali belum efektif. Hal ini disebabkan kurangnya jumlah karyawan sehingga terjadinya perangkapan fungsi. Saran peneliti, dilakukan penambahan terhadap jumlah karyawab agar tidak terjadi perangkapan fungsi sehingga mencegah terjadinya kesalahan pencatatan maupun kemungkinan terjadinya kecurangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D3 Akuntansi > Tugas Akhir
Depositing User: Dewa Ayu Yanies Switya Dewi
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:23
Last Modified: 15 Sep 2023 07:23
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item View Item