Implementasi Green Recruitment dan Green Training dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Mövenpick Resort and Spa Jimbaran Bali

Ariani, Ni Luh Kadek Sayuri and Triyuni, Ni Nyoman and Sagitarini, Luh Linna (2023) Implementasi Green Recruitment dan Green Training dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Mövenpick Resort and Spa Jimbaran Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_63303_2215854019_0031126285_0009127902_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_63303_2215854019_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi green recruitment dan green training dalam meningkatkan kinerja karyawan di Mövenpick Resort and Spa Jimbaran Bali, baik secara parsial maupun simultan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Kuesioner dibagikan kepada 128 responden yang terdiri dari manajer dan karyawan di Mövenpick Resort and Spa Jimbaran Bali. Analisis kuantitatif regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial dan simultan dari variabel green recruitment dan green training terhadap peningkatan kinerja karyawan. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya penerapan green recruitment dan seleksi dalam meningkatkan kinerja karyawan di industri perhotelan. Rekomendasi untuk pihak manajemen diharapkan dapat melakukan analisis kebutuhan pelatihan terkait keberlanjutan dan lingkungan di Mövenpick Resort and Spa Jimbaran Bali untuk merancang program green training dan green recruitment yang lebih tepat sasaran. Selain itu, pengembangan sistem pemantauan dan pengukuran kinerja yang terkait dengan implementasi program ini juga diperlukan. Dengan memiliki pengukuran yang jelas, Mövenpick Resort and Spa Jimbaran Bali dapat secara terus-menerus memonitor dan mengevaluasi efektivitas program-program ini dalam salah satu upaya meningkatkan kinerja karyawan. Rekomendasi kepada pihak Manajemen Mövenpick Resort and Spa Jimbaran Bali untuk dapat melakukan evaluasi efektivitas program green recruitment dan green training yang telah dilakukan. Pihak manajemen diharapkan dapat melakukan analisis kebutuhan pelatihan terkait keberlanjutan dan lingkungan di Mövenpick Resort and Spa Jimbaran Bali untuk merancang program green training yang lebih tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Luh Kadek Sayuri Ariani
Date Deposited: 14 Sep 2023 14:15
Last Modified: 14 Sep 2023 14:15
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/10347

Actions (login required)

View Item View Item