Penerapan Green Practice pada Food & Beverage Department untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa

Dewi, Ni Putu Pande Dian Satya and Sutarma, I Gusti Putu and Sagitarini, Luh Linna (2022) Penerapan Green Practice pada Food & Beverage Department untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_1815834019_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_1815834019_0031126457_0009127902_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan green practice pada Food & Beverage Department untuk meningkatkan kepuasan tamu dan mengetahui variabel green practice yang paling berpengaruh pada Food & Beverage Departement untuk meningkatkan kepuasan tamu di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa. Metode penggumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling dengan total sampel sebanyak 55 responden dan informan sejumlah 3 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada responden menggunakan link google form maupun barcode. Hasil data dari kuesioner tersebut diolah dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji kolerasi berganda, uji regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan bantuan software SPSS 25 for windows. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui penerapan green practice pada Food & Beverage Department untuk meningkatkan kepuasan tamu dan analisis kuantitafif yaitu uji regresi linear berganda digunakan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh pada Food & Beverage Departement untuk meningkatkan kepuasan tamu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan green practice sudah dilaksankan secara maksimal pada Food & Beverage Department seperti tidak menggunakan bahan plastik dan menggunakan bahan-bahan dari petani lokal, dan memisahkan sampah organik dan non-organik. Sementara hasil dari uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh adalah green food sebesar 7,426 dimana variabel green food yang paling berpengaruh terhadap kepuasan tamu daripada variabel lainnya dan uji analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel green food sebesar 83,4% yang memiliki keeratan hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Ni Putu Pande Dian Satya Dewi
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:57
Last Modified: 16 Sep 2022 03:57
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item