Penerapan Green Practice pada Front Office Department untuk Mendukung Green Hotel di The Westin Resort Nusa Dua Bali

Adnyani, Luh Eka Sri (2024) Penerapan Green Practice pada Front Office Department untuk Mendukung Green Hotel di The Westin Resort Nusa Dua Bali. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2015834003_0026106308_0026098907_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_93303_2015834003_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93303_2015834003_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan green practice pada Front Office Department dan menganalisis keterkaitan penerapan green practice dalam mendukung green hotel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang merupakan staf Front Office Department. Informan pada penelitian ini adalah Front Office Manager dan Duty Manager. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa The Westin Resort Nusa Dua sudah menerapkan green practice dengan sangat baik dan memperoleh rata-rata hasil persentase 84% tergolong kriteria sangat tinggi. Hanya saja terdapat penerapan dari dimensi green action yang kurang maksimal yaitu indikator efisiensi energi listrik dan air khususnya penggunaan sinar matahari sebagai pencahayaan alami, dengan memperoleh persentase terkecil yaitu 71%. Untuk hasil penelitian penerapan green practice dalam mendukung green hotel menunjukkan variabel green practice memiliki keterkaitan dengan variabel green hotel. Hanya saja terdapat indikator dari green practice yang belum memiliki keterkaitan dengan indikator green hotel yaitu indikator melakukan perubahan menu dan indikator menyampaikan informasi khusus pada menu. Penggunaan material ramah lingkungan perlu ditingkatkan khususnya pada gelas welcome drink untuk anak-anak, sebaiknya menggunakan material ramah lingkungan agar mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penerapan, front office department, green practice, green hotel
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi
Depositing User: Luh Eka Sri Adnyani
Date Deposited: 17 Aug 2024 09:13
Last Modified: 17 Aug 2024 09:17
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item