Larasati, Ni Luh Putu Dila (2024) Analisis SWOT sebagai Penentu Strategi Pemasaran pada Jumping Stone Coffee & Grill. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_62301_2015644098_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2015644098_0031125981_0011097901_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
|
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2015644098_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (775kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada usaha Jumping Stone Coffee & Grill, sebuah usaha yang bergerak di bidang kuliner. Fenomena yang terjadi adalah pendapatan penjualan yang mengalami penurunan secara terus menerus. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui posisi usaha perusahaan serta strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis SWOT dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang berguna untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada usaha Jumping Stone Coffee & Grill. Penentuan faktor internal dan eksternal menggunakan Matriks IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan Matriks EFAS (External Factors Analysis Summary) untuk mengetahui posisi usaha Jumping Stone Coffee & Grill. Dari hasil analisis penelitian dengan menggunakan IFAS dan EFAS menunjukkan bahwa posisi usaha Jumping Stone Coffee & Grill berada pada kuadran I yang berarti Growth (berkembang) dan strategi yang dapat diimplementasikan adalah strategi yang mendukung kebijakan agresif yang berorientasi pada pertumbuhan dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada yaitu strategi SO (Strength Opportunities). Secara teoritis, penelitian ini berkontribusi dalam menciptakan faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan, serta faktor eksternal berupa peluang dan ancaman yang dapat digunakan untuk menjelaskan strategi pemasaran pada usaha Jumping Stone Coffee & Grill. Kontribusi lainnya, penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi Jumping Stone Coffee & Grill dalam merumuskan strategi pemasaran usaha untuk meningkatkan penjualan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Matriks IFAS, Matriks EFAS |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Ni Luh Putu Dila Larasati |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 03:59 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 06:03 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11630 |
Actions (login required)
View Item |