Subrata, Komang Bagus Adhi (2024) Implementasi Green Practice untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu pada Food & Beverage Department di The Seminyak Beach Resort & Spa. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93303_2015834159_0003098005_0031126242_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93303_2015834159_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (iThenticate)
RAMA_93303_2015834159_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi green practice pada Food & Beverage Department di The Seminyak Beach Resort & Spa dan untuk mengetahui variabel green practice yang paling berpengaruh pada Food & Beverage Department untuk meningkatkan kepuasan tamu di The Seminyak Beach Resort & Spa. Metode penggumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, dokumentasi, kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan total sampel sebanyak 65 responden dan informan wawancara sejumlah 4 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada responden dan wawancara kepada Manager of Food and Beverage Department, Supervisor of Food and Beverage Service, Bar Supervisor dan Chef de partie. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif yaitu : uji validitas dan reliabilitas, analisis korelasi berganda, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, koefisien determinasi (R2 ) dengan bantuan software SPSS for windows serta analisis deskriptif kualitatif. Implementasi green practice memiliki hubungan yang kuat secara positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan tamu. Apabila implementasi green practice ditingkatkan, maka nilai dari kepuasan tamu juga akan ikut meningkat. Implementasi green practice berkontribusi sebesar 59,1% dalam meningkatkan kepuasan tamu di The Seminyak Beach Resort & Spa, sedangkan sisanya 40,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertai dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi green practice yang dilakukan oleh The Seminyak Beach Resort & Spa sudah sangat baik dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan konsep yang diangkat yaitu Green Practice dan variabel green practice yang paling berpengaruh pada Food & Beverage Department untuk meningkatkan kepuasan tamu yaitu green donation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, green practice, kepuasan tamu, hotel |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata > Skripsi |
Depositing User: | Komang Bagus Adhi Subrata |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 05:58 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 05:58 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/11754 |
Actions (login required)
View Item |