Analisis Kepuasan Mahasiswa pada Penggunaan Aplikasi SION PNB dengan Model TAM

Siagian, Kristiani (2024) Analisis Kepuasan Mahasiswa pada Penggunaan Aplikasi SION PNB dengan Model TAM. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_2315764021_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2315764021_0031126360_0010106214_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2315764021_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi SION di Politeknik Negeri Bali (PNB) dengan menggunakan Model Penerimaan Teknologi atau Technology Acceptance Model (TAM). Fokus utama penelitian adalah mengkaji pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap kepuasan mahasiswa, baik secara individual maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa PNB angkatan 2023 sebanyak 7.595 orang. Sampel penelitian terdiri dari 100 mahasiswa yang dipilih melalui proportional sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis Skala Likert dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Lokasi penelitian berada di kampus Politeknik Negeri Bali yang berlokasi di Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali. Objek penelitian adalah seluruh mahasiswa PNB angkatan 2023 yang menggunakan aplikasi SION. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perceived usefulness (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (Y). Demikian pula perceived ease of use (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (Y). Kemudian, secara simultan perceived usefulness (X1) dan perceived ease of use (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (Y). Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi persepsi mahasiswa terhadap kegunaan dan kemudahan penggunaan aplikasi SION, semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka. Saran yang diberikan mencakup peningkatan fitur dan antarmuka aplikasi, perluasan cakupan variabel penelitian untuk faktor-faktor lain yang mungkin berkontribusi terhadap kepuasan mahasiswa, serta penggunaan pendekatan kualitatif melalui wawancara untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang pengalaman dan harapan mahasiswa terhadap aplikasi SION. Kata Kunci: Kepuasan mahasiswa, Aplikasi SION, Technology Acceptance Model (TAM), perceived usefulness, perceived ease of use.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kepuasan mahasiswa, aplikasi SION, Technology Acceptance Model (TAM)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Kristiani Siagian
Date Deposited: 29 Aug 2024 12:40
Last Modified: 29 Aug 2024 12:40
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12031

Actions (login required)

View Item View Item