Wijayanthi, Pande Ni Putu Meylly (2024) E-Marketing Berpendekatan Competitive Advantage dengan PMS Berbasis Cloud pada Akomodasi Skala Kecil di Nusa Penida. Masters thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 6 dan Referensi)
RAMA_93103_2215885023_0002126407_0025056408_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (845kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93103_2215885023_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (iThenticate)
RAMA_93103_2215885023_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi model bisnis akomodasi skala kecil berbasis E-marketing dalam pendekatan competitive advantage pada property management system berbasis cloud di Nusa Penida serta menganalisis penerapan e-marketing dan merancang model penerapan e-marketing. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kualitatif dimana hasil wawancara berdasarkan dengan teori yang ada sehingga menghasilkan penelitian yang dapat dimanfaatkan. Menggunakan analisis deskriptif kualitatif dari hasil observasi, wawancara langsung dengan informan dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Proses penerapan e-marketing pada Sunset Garden Villa, Nuansa Penida Hostel dan The Acala Shri Sedana dimulai dari identifikasi target market yang terdiri dari keluarga, pasangan dan tamu kelas menengah, solo traveller, tamu backpackers dan tamu kelas menengah keatas. Untuk marketing channel yang digunakan yaitu Booking.com, Airbnb, Agoda, Expedia, Traveloka, Hostelworld dan Website. Pengoptimalan konten melalui social media yang dimiliki setiap jasa akomodasi tersebut. Pengukuran keberhasilan setiap akomodasi memiliki perbedaan tergantung dari pencapaian konten yang telah dibuat. Keunggulan bersaing PMS berbasis Cloud yaitu dari biaya operasional yang lebih rendah, efisensi waktu, tempat, dan biaya, serta kemampuan PMS berbasis Cloud untuk memenuhi kebutuhan bisnis akomodasi skala kecil. PMS berbasis cloud sangat cocok untuk akomodasi skala kecil karena keunggulan bersaing yang dimilikinya. Penelitian ini memberikan kontribusi penting sehingga dapat mengoptimalkan jalannya proses operasional yang baik pada PMS berbasis Cloud.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-marketing, competitive advantage, business model inovation |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi S2 Perencanaan Pariwisata > Tesis |
Depositing User: | Pande Ni Putu Meylly Wijayanthi |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 06:14 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 06:14 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12143 |
Actions (login required)
View Item |