Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Berbasis Website Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Kerja pada Rumah Detensi Imigrasi Denpasar

Artauli, Artauli and Simamora, Tria Apriulina and Nababan, Evi Irawati Br (2024) Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Berbasis Website Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Kerja pada Rumah Detensi Imigrasi Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 4 dan Referensi)
RAMA_57401_2115323009_2115323010_2115323019_0820028101_0006078502_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Buku Panduan)
Buku_Panduan.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Full Text)
RAMA_57401_2115323009_2115323010_2115323019_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas pada Rumah Detensi Imigrasi Denpasar digunakan untuk mengelola surat perintah perjalanan dinas. Data yang diolah berupa nota dinas, biaya, input data pegawai, transport dan penandatanganan surat. Dari observasi dan wawancara kepada Kepala Seksi Urusan Umum dan Pegawai Keuangan Rumah Detensi Imigrasi Denpasar diperoleh hasil bahwa proses pengelolaan perjalanan dinas masih dilakukan dengan sederhana. proses pembuatan masih secara manual dan hanya dikerjakan melalui bantuan Aplikasi Microsoft Word dan Google Spreadsheet. Proses ini dinilai kurang akurat dan memakan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan laporan. Selain itu, metode manual ini rentan terhadap ketidakefisienan, kesalahan, dan risiko kehilangan data. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Detensi Imigrasi Denpasar dengan menggunakan metode pengumpulan data, studi pustaka, studi lapangan, analisis kebutuhan, desain sistem serta implementasi sistem. Sistem ini bertujuan untuk membangun sistem informasi berbasis web yang dapat mengotomatisasi dan mempercepat proses pembuatan serta manajemen SPPD. Desain sistem menggunakan metode UML untuk memberikan gambaran yang jelas tentang alur dan struktur sistem yang akan dibangun. Sistem ini menggunakan framework Laravel, bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan MySQL. Dari hasil penerapan sistem, dapat disimpulkan bahwa pengotomatisasian proses SPPD berbasis website ini mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja secara signifikan, serta memastikan data tersimpan dengan aman dan terkelola dengan baik. Sistem ini diharapkan tidak hanya akan memperbaiki proses internal, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang dalam pengelolaan administrasi surat perintah perjalanan dinas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: SPPD, Laravel, MySQL, Sistem Informasi Web, Rumah Detensi Imigrasi Denpasar
Subjects: Ilmu Teknik > Teknik Elektro Dan Informatika > Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Evi Irawati Br Nababan
Date Deposited: 04 Sep 2024 13:36
Last Modified: 04 Sep 2024 13:36
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12228

Actions (login required)

View Item View Item