Pidada, Ida Bagus Alit Putra and Sanjaya, I Nyoman Suka and Lasmini, Ni Ketut (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Ninja Xpress Bali. Repositori Politeknik Negeri Bali.
Text (Artikel)
RAMA_93308_1815744056_artikel.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (346kB) |
|
Text (Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme)
RAMA_93308_1815744056_ pernyataan.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (228kB) |
Abstract
Meningkatnya minat berbelanja secara online berdampak juga meningkatnya penggunaan jasa pengiriman. Jasa pengiriman mempunyai peran penting bagi e-commerce menjadi tulang punggung dalam menopang keberhasilan dan perkembangan pasar karena pelanggan ingin mendapatkan produk mereka secara cepat dan kualitas pelayanan yang memadai, jika semua itu terpenuhi maka pelanggan akan merasakan kepuasan dalam menggunakan jasa pengiriman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian dan teknik pengumpulan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji hipotesis melalui uji-t dan uji-F, uji koefisien determinasi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh parsial dimana t-hitung (5,102) > t-tabel (1,984) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan ketepatan pengiriman berpengaruh secara parsial dimana t-hitung (4,880) > t-tabel (1,984) dengan tingkat signifikansi 0,000< 0,05. Secara simultan kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 63,4%dan sisanya 36,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Ketepatan Pengiriman dan Kepuasan Pelanggan. The increased interest in shopping online also has an impact on the use of shipping services. Shipping services have an important role for e-commerce to be the backbone in sustaining market success and development because customers want to get their products quickly and proper quality of services, if all of that is fulfilled then the customer will feel satisfaction in using the delivery service. This study aims to determine the effect of services quality and on time delivery towards customer satisfaction. This study used 100 respondents as research samples and sample collection techniques using non-probability sampling methods with a purposive sampling approach. This research uses a quantitative method with an associative approach. Data analysis methods used are validity and reliability test, classic assumption test, multiple regression analysis test, hypothesis testing through t-test and F-test, coefficient of determination test. Testing is done using SPSS 23. The results showed that the services quality has a partial effect where t-count (5,102)> t-table (1,984) with a significance level of 0,000<0,05 and timeliness of delivery have a partial effect where t-count (4,880)> t-table (1,984) with a significance level of 0,000 <0,05. Simultaneously the services quality and on time delivery have a positive and significant effect towards customer satisfaction of 63,4% and the remaining 36,6 % is influenced by other factors not explained in this study. Keywords: Services Quality, Timeliness of Delivery and Customer Satisfaction.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi |
Depositing User: | Ida Bagus Alit Putra Pidada |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 00:34 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 00:34 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1225 |
Actions (login required)
View Item |