Audit Manajemen untuk Menilai Efektivitas dan Efisiensi Fungsi Pemasaran Pada PT PSN

Liska, I Made Andika Putra and Sukayasa, I Ketut and Hudiananingsih, Putu Dyah (2022) Audit Manajemen untuk Menilai Efektivitas dan Efisiensi Fungsi Pemasaran Pada PT PSN. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644173_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644173_0023016206_0020036306_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (427kB)

Abstract

Menilai kinerja fungsi pemasaran yang telah berjalan efektif dan efisien di suatu perusahaan dibutuhkan adanya audit manajemen. Selain itu, dengan audit manajemen kita dapat menganalisis dampak yang akan terjadi dari akibat kesalahan yang akan timbul serta menentukan solusi yang akan disarankan guna mencapai perbaikan pengelolaan program dimasa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi fungi pemasaran menggunakan teknik audit manajemen dalam upaya meningkatkan pendapatan pada PT PSN. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Teknik ini digunakan untuk menganalisis secara terperinci dan meringkas kegiatan operasional yang efektif dan efisien dalam kegiatan pemasaran perusahaan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas fungsi pemasaran dengan rasio pendapatan dan pengembalian investasi pemasaran pada tahun 2019 berjalan dengan efektif, pada tahun 2020 perhitungan rasio pendapatan belum efektif dan pengembalian investasi pemasaran sudah berjalan efektif dan untuk tahun 2021 perhitungan rasio pendapatan dan pengembalian investasi pemasaran perusahaan belum berjalan efektif. Efektivitas fungsi pemasaran ini tidak dapat tercapai karena ditemukan penyusunan budget pendapatan yang terlalu tinggi sehingga menunjukkan ketidakseimbangan antara realisasi dengan budget yang ditetapkan, kurang adanya pembaharuan dan pemerataan program promosi dikarenakan penggunaan media social bagian pemasaran lebih memfokuskan promosi event tertentu, sehingga penjualan seperti retail dan wine shop belum dapat dimaksimalkan. Sedangkan efisiensi fungsi pemasaran atas penggunaan biaya pemasaran dan perolehan laba kotor atas penjualan pada PT PSN tahun 2019 telah berjalan efisien, tahun 2020 penggunaan biaya pemasaran belum efisien dan dari perolehan laba kotor penjualan telah efisien. Dan untuk penggunaan biaya pemasaran tahun 2021 dapat dikatakan berjalan dengan efisien, sedangkan dari perhitungan laba kotor tahun 2021 belum berjalan efisien. Perusahaan perlu mempertimbangkan keputusan kebijakan harga, hingga penggunaan social media lebih di tingkatkan dan melakukan evaluasi setidaknya sebulan sekali sehingga mampu mengalokasikan dana agar efisien dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: I Made Andika Putra Liska
Date Deposited: 16 Sep 2022 17:31
Last Modified: 16 Sep 2022 17:31
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item