Kepuasan Kerja Pada Karyawan Generasi Y di Swiss-Belresort Pecatu

Putra, I Kadek Pramana (2024) Kepuasan Kerja Pada Karyawan Generasi Y di Swiss-Belresort Pecatu. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_2015744059_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2015744059_0031019202_0031125984_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2015744059_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri pariwisata, sebagai sektor utama untuk pendapatan nasional dan daerah, menjadikan Bali sebagai destinasi wisata terkemuka yang banyak dikunjungi. Swiss-Belresort Pecatu, yang berada di Bali, harus mengelola sumber daya dengan efektif untuk mencapai keuntungan di tengah persaingan bisnis. Generasi Y, yang kini mendominasi angkatan kerja, memiliki karakteristik dan nilai yang menuntut manfaat sesuai beban kerja, lingkungan kerja positif, dan peluang pengembangan karir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan kerja karyawan generasi Y di Swiss-Belresort Pecatu serta faktor penghambat dan pendukungnya. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa kepuasan kerja dipengaruhi oleh gaji, karakteristik pekerjaan, hubungan dengan rekan kerja, peluang promosi, dan pengawasan. Meskipun sistem penggajian manual sudah adil, diperlukan digitalisasi untuk transparansi dan efisiensi. Karyawan merasa puas dengan tanggung jawab dan peluang pengembangan, namun menginginkan lebih banyak inovasi dan pengakuan. Hubungan dengan rekan kerja umumnya baik, meskipun ada tantangan lintas departemen. Karyawan optimis tentang promosi namun memerlukan transparansi dan pengembangan karir yang lebih baik. Kepemimpinan dinilai baik, tetapi ada tantangan dalam konsistensi SOP dan dinamika kepemimpinan. Faktor penghambat kepuasan kerja termasuk keterbatasan budget, fasilitas operasional yang kurang memadai, dan kurangnya apresiasi, sementara faktor pendukung mencakup gaji yang memadai, lingkungan kerja nyaman, dan kepemimpinan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kepuasan kerja, generasi Y, Swiss-Belresort Pecatu
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: I Kadek Pramana Putra
Date Deposited: 02 Sep 2024 05:36
Last Modified: 02 Sep 2024 05:36
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12281

Actions (login required)

View Item View Item