Sari, Ni Luh Novita (2024) Pelayanan A'la Carte American Breakfast oleh Pramusaji di Karang Restaurant AYANA Resort Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_2115823170_0012047004_0012037302_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (939kB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_93402_2115823170_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (939kB) | Request a copy |
Abstract
Tugas akhir yang dibuat berjudul Pelayanan A’la Carte American Breakfast oleh Pramusaji di Karang Restaurant AYANA Resort Bali, tujuan penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana Pelayanan A’la Carte American Breakfast oleh Pramusaji di Karang Restaurant AYANA Resort Bali. Karang Restaurant merupakan salah satu restoran yang dimiliki oleh AYANA Resort Bali yang terletak pada AYANA Segara dekat dengan lobby AYANA Segara, restoran ini menerima tamu dari dalam hotel maupun dari luar hotel. Restoran ini memiliki konsep Global Comfort Food yang artinya semua jenis makanan ada di restoran ini mulai dari western food, Asian food hingga Italian food. Karang Restaurant buka dari pukul 06.30 WITA sampai pukul 23.00 WITA. Berdasarkan uraian pembahasan tentang pelayanan a’la carte American breakfast oleh pramusaji di Karang Restaurant AYANA Resort Bali, maka penulis dapat menyimpulkan beberapa langkah-langkah dalam prosedur pelayanan a’la carte breakfast sebagai berikut: 1. Prosedur pelayanan a’la carte breakfast pada Karang Restaurant dibagi menjadi beberapa tahapan, anatara lain: a. Tahap persiapan Persiapan untuk a’la carte breakfast dilakukan sebelum restoran dibuka oleh pramusaji. Persiapan yang dilakukan antara lain: persiapan diri, persiapan peralatan, dan persiapan side stand. b. Tahap pelaksanaan Pelayanan untuk a’la carte breakfast dilakukan setelah restoran dibuka yaitu pukul 07.00 WITA sampai pukul 11.00 WITA. Pelayanan yang diberikan untuk breakfast berupa a’la carte breakfast dimana pelayanannya secara formal yaitu tamu bisa memesan makanan yang ada di menu. Adapun standart pelayanannya antara lain: welcoming the guest, asking for room number,escorting the guest, sitting the guest, server welcome the guest and introduce him/her self, taking order, serving the food, check the guest satisfaction, adjusting cutleries, clearing up billing process, thanking and bid farewell, dan reset-up table. 2) Tahap akhir Sebelum a’la carte breakfast ditutup 15 menit sebelumnya pramusaji akan memberi informasi kepada tamu bahwa a’la carte breakfast akan ditutup. Setelah tamu meninggalkan restoran pramusaji akan mulai melakukan clear up table, refill sugar bowl, melakukan polishing, dan membawa linen kotor ke laundry dan mengambil linen bersih.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ala carte American breakfast, pramusaji di Karang Restaurant, Ayana Resort Bali |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Ni Luh Novita Sari |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 06:52 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 06:52 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12795 |
Actions (login required)
View Item |