Ananta, Yudha (2024) Perencanaan Tebal Pekerasan Lentur dan Biaya Perbaikan Jalan (studi kasus Jalan Pulau Moyo Denpasar). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_22302_2015124004_0026066709_0028046302_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_22302_2015124004_full .pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (iThenticate)
RAMA_22302_2015124004_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kerusakan yang terjadi pada jalan tentu sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan para pemakai jalan. Hal ini mengakibatkan penurunan kecepatan yang berpengaruh terhadap perkerasan jalan, waktu tempuh dan dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pengaruh kendaraan dalam arus lalu lintas diruas kerusakan jalan ini perlu menganalisis lebih mendalam khusunya di jalan Pulau Moyo dengan status jalan kota di kota Denpasar. Tujuan penelitian ini adalah menghitung tebal lapisan perkerasan lentur jalan, mengetahui seberapa besar nilai kerusakan Jalan dan mengetahui perkiraan biaya yang di perlukan untuk perbaikan di jalan Pulau Moyo Denpasar. manfaat dari penelitian ini adalah membantu memberikan masukan kepada instansi pemerintah terkait tentang pengelolaan dan perawatan jalan dan sebagai informasi yang dapat digunakan untuk wawasan orang-orang di bidang kontrusi mengenai kerusakan jalan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yakni mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Instrument (alat bantu) pada pelaksanaan penelitian ini menggunakan beberapa instrument yaitu Roll Meter, Camera, ATK, Software, Laptop. Selanjutnya teknik analisis pada penelitian ini yakni dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Metode Bina Marga, Metode Bina Marga Analisis Komponen. Dari penelitian yang lakukan pada Ruas Jalan Pulau Moyo Denpasar STA 0+000 – STA 2+250 dan setelah dilakukan analisa dan pembahasan maka dapat disampaikan bahwa tingkat kerusakan jalan yang terjadi di ruas Jalan Pulau Moyo Denpasar adalah 32% atau 2520,15 m² dari luas keseluruhan jalan 7800 m². Selanjutnya analisa perhitungan biaya maka di peroleh jumlah biaya perbaikan yaitu sebesar Rp. 8.422.015.440,00 ( Delapan Miliar Empat Ratus Dua Puluh Dua Juta Lima Belas Ribu Empat Ratus Empat Puluh Rupiah ).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kerusakan jalan, tebal pekerasan jalan, biaya perbaikan jalan |
Subjects: | Ilmu Teknik > Teknik Sipil Dan Perencanaan Tata Ruang > Perencanaan Wilayah dan Kota |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi > Skripsi |
Depositing User: | Yudha Ananta |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:06 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:06 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12831 |
Actions (login required)
View Item |