Zumira, Mayukha Mala (2024) Prosedur Penggunaan Qr-Code KESSAN (Kesan Dan Pesan Setelah Layanan) di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_63411_2115713157_ Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Refrensi)
RAMA_63411_2115713157_0010106108_0017106302_Part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan adalah aktivitas yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan orang lain melalui proses yang tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki secara langsung. Dalam konteks bisnis, pelayanan merupakan interaksi langsung antara penyedia layanan dan pelanggan yang berpengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan hubungan antara produsen dan pelanggan, sedangkan pelayanan yang buruk dapat merusak reputasi perusahaan dan menurunkan kepuasan pelanggan. BPJS Kesehatan, sebagai penyedia layanan kesehatan, awalnya menggunakan formulir manual untuk mengumpulkan ulasan tentang kualitas pelayanan dari peserta. Namun, untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, BPJS Kesehatan memperkenalkan sistem QR-CODE KESSAN (Kesan dan Pesan Setelah Layanan) yang memungkinkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan feedback secara langsung melalui aplikasi mobile. Sistem ini bertujuan untuk mempermudah pengumpulan ulasan, meningkatkan kepuasan peserta, serta memenuhi kewajiban kontrak kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Data menunjukkan bahwa rating pelayanan BPJS Kesehatan stabil di angka 4,7 dari Oktober 2023 hingga Maret 2024, meskipun belum mencapai rating maksimal lima bintang. Penurunan rating ini sebagian disebabkan oleh kurangnya pemahaman peserta tentang prosedur penggunaan QR-CODE. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas prosedur penggunaan QR-CODE KESSAN untuk mengidentifikasi potensi perbaikan dalam pelayanan dan meningkatkan kualitas layanan di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Denpasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prosedur, public relations, qr code |
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial > Bidang Sosial Lain Yang Belum Tercantum |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D3 Administrasi Bisnis > Tugas Akhir |
Depositing User: | Mayukha Mala Zumira |
Date Deposited: | 08 Sep 2024 11:11 |
Last Modified: | 08 Sep 2024 11:11 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12903 |
Actions (login required)
View Item |