Oktaviana, Ni Ketut (2024) Analisis Pengukuran Kinerja berbasis Balanced Scorecard pada PT XYZ. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2015644027_0014046207_0020036306_part.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text (Full Text)
RAMA_62301_2015644027_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (iThenticate)
RAMA_62301_2015644027_iThenticate.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Di PT XYZ, pengukuran kinerja saat ini belum menggunakan metode Balanced Scorecard. Evaluasi kinerja dalam perspektif keuangan dan non keuangan, termasuk perspektif pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran, belum terintegrasi. Keempat perspektif tersebut masih berdiri sendiri dan belum tergabung menjadi satu kesatuan, sehingga belum mampu mengevaluasi kinerja perusahaan dengan orientasi jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja berdasarkan empat perspektif balanced scorecard di PT XYZ. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan kuesioner. Indikator pada setiap perspektif sebagai operasionalisasi variabel berbeda. Indikator perspektif keuangan meliputi Net Profit Margin dan Return On Assets. Indikator perspektif pelanggan adalah Retensi pelanggan dan kepuasan pelanggan. Indikator perspektif bisnis internal adalah proses inovasi. Indikator perspektif pembelajaran dan pertumbuhan meliputi retensi karyawan, produktivitas karyawan dan kepuasan pegawai. Hasil penelitian menunjukkan kinerja PT XYZ dari perspektif keuangan, perspektif kepuasan pelanggan, dan perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan termasuk ke dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan & Pembelajaran. |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi |
Depositing User: | Ni Ketut Oktaviana |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 13:33 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 13:33 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/12994 |
Actions (login required)
View Item |