Windari, Kadek Ayu Mita and Suarta, I Ketut and Pugra, I Wayan (2022) Pelyanan Dinner A'la Carte Pada Era New Normal oleh Pramusaji di The Restaurant pada Hotel The Trans Resort Bali. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823056_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover – Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93402_1915823056_0015096308_0031126378_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (334kB) |
Abstract
Salah satu ikon The Trans Resot Bali dan memiliki keunikan yang tidak dapat ditemukan dari hotel lainnya adalah waterfall yaitu air terjun buatan yang dibuat sebagai salah satu venue untuk acara pernikahan, meeting serta gala dinner. Selain waterfall, hotel ini juga memiliki failitas white sandy beach pool yang merupakan salah satu ikon yang ada di hotel ini. White sandy beach pool merupakan kolam berenang konsep pantai buatan serta dilengkapi dengan pasir pantai asli, ombak buatan, dan fasilitas pool deck untuk para wisatawan, tentu saja dua fasilitas ini sangatlah unik dan tentunya sangat menarik untuk dinikmati ketika menginap atau bermalam di hotel ini. The Trans Resort Bali hanya memiliki 1 (satu) restoran yaitu The Restaurant. Restoran ini melayani tamu mulai dari breakfast, lunch, dan dinner serta memiliki banyak variasi hidangan yang sangat lezat. Pada The Restaurant pelayanan breakfast menggunakan buffet sedangkan untuk pelayanan lunch, dan dinner menggunakan menu a’la carte. Peranan pramusaji dalam memberikan pelayanan dinner untuk menu a’la carte adalah sangat besar. Seorang pramusaji dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi, memiliki pengetahuan produk restoran berupa semua makanan ke tamu sampai tahap clear up. Tamu juga dapat menanyakaan setiap opsi makanan yang terdapat di menu bahkan bisa request jika tamu memiliki alergi pada makanan tersebut. Pramusaji memiliki tanggung jawab yang diberikan oleh leader mulai dari melakukan serve makanan dan minuman, clear up dan dusting table. The Restaurant merupakan satu – satunya restoran yang ada di Hotel The Trans Resort Bali. The Restaurant berada tepat dipinggiran kolam berenang pantai buatan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, The Restaurant dapat melayani dinner dengan pilihan area tempat duduk indoor maupun outdoor. The Restaurant ini melayani mulai dari breakfast, lunch, dan dinner. Untuk breakfast, tamu akan dilayani dengan cara prasmanan buffet, sedangkan lunch, dan dinner akan dilayani dengan menu a’la carte. Restoran ini lebih banyak melayani tamu walk-in dibandingkan dengan tamu yang melakukan reservasi, sehingga para tamu yang ingin menikmati hidangan di restoran ini tidak diharuskan melakukan reservasi kecuali tamu tersebut memiliki pesanan khusus. Tahap persiapan awal yang dilakukan oleh pramusaji adalah persiapan diri seperti menjaga kebersihan dan kerapian diri serta kelengkapan uniform yang akan digunakan ketika melayani tamu dan juga persiapan operasional, yaitu menyiapkan segala sesuatu untuk membantu kelancaran operasional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir |
Depositing User: | Kadek Ayu Mita Windari |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 12:17 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 12:17 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1372 |
Actions (login required)
View Item |