Analisis Pengaruh Variasi Sudut Puli Primer Standar 15° dengan 14°, 13,5° Terhadap Performa Motor Vario 150cc Tahun 2018

Putra, I Kadek Dwi Suastika (2024) Analisis Pengaruh Variasi Sudut Puli Primer Standar 15° dengan 14°, 13,5° Terhadap Performa Motor Vario 150cc Tahun 2018. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_21401_2115213050_0031106304_ 0024096604_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_21401_2115213050_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) merupakan bentuk pengembangan dari sistem transmisi manual, transmisi CVT pada sepeda motor umumnya menggunakan media v-belt sebagai penghubung putaran mesin ke roda belakang dan menggunakan puli untuk menggerakan v-belt.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis daya dan torsi dengan sudut kemiringan puli standar dengan variasi puli primer 14 derajat dengan 13,5 derajat pada sistem penggerak CVT pada sepeda motor Vario 150cc tahun 2018. Penelitian ini dengan menggunakan dynometer dan mengukur secara manual dengan mengambil data pada kendaraan. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian komparatif metode penelitian ini dapat dilakukan dengan berbagai teknik, sesuai dengan topik penelitian yang dilakukan. penelitian komparatif ini sifatnya adalah membandingkan antara dua atau lebih variabel tertentu dalam penelitian yang dilakukan seperti mencari data perbedaan sudut kemiringan puli primer standar motor Honda vario 150cc tahun 2018 dengan sudut kemiringan puli primer variasi 14 derajat dan 13,5 derajat. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, nilai torsi terbesar diperoleh pada kecepatan putaran mesin 1683 rpm sebesar 30,25 NM oleh puli primer 14 derajat, sedangkan nilai daya terbesar yang diperoleh sebesar 10,1 HP pada kecepatan putaran mesin 3269 rpm oleh puli primer 13,5 derajat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: transmisi CVT, performa motor, daya
Subjects: Ilmu Teknik
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > Prodi D3 Teknik Mesin > Tugas Akhir
Depositing User: I Kadek Dwi Suastika Putra
Date Deposited: 16 Sep 2024 03:41
Last Modified: 16 Sep 2024 03:41
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14804

Actions (login required)

View Item View Item