Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dan Dampaknya dalam Ekonomi, Sosial, Lingkungan Masyarakat pada Hotel Swiss-Belresort Watu Jimbar

Astari, Ni Made Adelia (2024) Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dan Dampaknya dalam Ekonomi, Sosial, Lingkungan Masyarakat pada Hotel Swiss-Belresort Watu Jimbar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_2015744094_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2015744094_0005037704_0004069501_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (925kB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2015744094_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) pada Hotel Swiss-Belresort Watu Jimbar beserta dampaknya dalam ekonomi, sosial, dan lingkungan pada masyarakat. Jenis data pada penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles, Huberman, & Saldana (2014) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hotel Swiss-Belresort Watu Jimbar telah berhasil melaksanakan CSR dengan baik untuk berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat sesuai konsep triple bottom line dengan fokus pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Tahapan implementasi, perbedaan yang terjadi yaitu jumlah dana bantuan yang diberikan dan sasaran penerima bantuan. Akan tetapi, belum adanya pengelolaan dampak dalam bentuk laporan dari program yang telah dilaksanakan. Dampak program CSR pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan membawa perubahan positif bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya perubahan terhadap program CSR yang dilakukan, artinya sejalan dengan Theory of Change yang menyatakan bahwa dalam program pemberdayaan masyarakat dimulai proses perubahan yang spesifik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, implementasi, dampak
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Made Adelia Astari
Date Deposited: 13 Sep 2024 10:20
Last Modified: 13 Sep 2024 10:20
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/14982

Actions (login required)

View Item View Item