Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengelola Obyek Wisata Uluwatu di Desa Adat Pecatu

Astiti, Ni Ketut Ayu Sari (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengelola Obyek Wisata Uluwatu di Desa Adat Pecatu. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93308_2015744169_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93308_2015744169_0019096406_0017106302_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_93308_2015744169_iThenticate.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keindahan dan panorama alam yang indah, sehingga cocok untuk dijadikan daerah wisata. Khususnya di Kabupaten Bali yang dikenal sebagai primadona pariwisata Indonesia, karena memiliki berbagai jenis destinasi wisata yang ditargetkan tidak hanya untuk wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing. Salah satu obyek wisata yang populer di Kabupaten Bali berupa Uluwatu. Uluwatu merupakan obyek wisata berupa pura yang terletak di atas tebing yang curam dan tempat bagi wisatawan yang ingin menyaksikan sunset dengan siluet pura dan laut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran dalam mengelola obyek wisata Uluwatu di Desa Adat Pecatu. Metode penelitian yang digunakan berupa metode kualitatif, dengan pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang ditempuh dalam penelitian ini berupa analisis kualitatif dengan menyelenggarakan analisis SWOT. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Uluwatu memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang sebagai destinasi wisata unggulan di Bali. Keunggulan dalam kombinasi unik alam dan budaya, manajemen terstruktur, serta peluang pengembangan infrastruktur dan pemasaran digital memberikan landasan yang kuat bagi Uluwatu untuk mengoptimalkan pengalaman wisatawan. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, ketergantungan pada faktor cuaca, dan persaingan ketat dari destinasi lain di Bali perlu ditangani dengan strategi yang terencana dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran, obyek wisata uluwatu, pura, desa adat pecatu
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Pemasaran
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D4 Manajemen Bisnis Internasional > Skripsi
Depositing User: Ni Ketut Ayu Sari Astiti
Date Deposited: 16 Sep 2024 03:45
Last Modified: 16 Sep 2024 03:45
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

View Item View Item