Penilaian Kinerja dengan Balanced Scorecard pada PT IBS Consulting

Suriani, Ade Erma (2024) Penilaian Kinerja dengan Balanced Scorecard pada PT IBS Consulting. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_2315664007_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_2315664007_0017076010_0020017105_part.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (923kB)
[img] Text (iThenticate)
RAMA_62301_2315664007_iThenticate.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan kondisi kinerja dari PT IBS jika diukur dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard. Fokus utama penelitian adalah menganalisa kinerja PT IBS dengan pendekatan balanced scorecard, yang meliputi aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan metode analisisnya menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang dikumpulkan untuk menganalisis kinerja pada PT IBS Consulting adalah metode wawancara, angket dan observasi. Analisis data bersifat kualitatif untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja perusahaan dari berbagai perspektif Balanced Scorecard Hasil dari penelitian ini dari perspektif keuangan, perusahaan menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang terus naik dari Rp646.250.000 pada 2021 menjadi Rp883.401.851 pada tahun 2022 dan terakhir meningkat menjadi Rp1.203.350.000 pada 2023, dengan peningkatan masing-masing 36,7% pada 2022 dan 86,21% pada 2023 yang menandakan keberhasilan dalam meningkatkan pendapatan. Dari perspektif pelanggan, Perusahaan mampu menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada, dengan retensi pelanggan meningkat dari 131,03% pada tahun 2022 menjadi 159,21% pada tahun 2023 dengan rata-rata peningkatan sebesar 145%. Akuisisi pelanggan juga menunjukkan peningkatan dengan rata-rata peningkatan 45%. Dalam hal proses bisnis internal, tahun 2021 perusahaan menawarkan 4 jenis jasa dan pelayanan yang pada tahun 2022, ditambahkan menjadi 5 jenis jasa. Jasa-jasa ini tetap ditawarkan hingga tahun 2023. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan perusahaan meskipun produktivitas karyawan mengalami variasi, hasil kepuasan karyawan menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi dalam banyak aspek, dilihat dari hasil angket kepuasan karyawan menunjukkan kepuasan yang tinggi di beberapa aspek mendapatkan skor rata-rata yang termasuk dalam kategori "Puas" hingga "Sangat Puas,". Secara keseluruhan, PT IBS Consulting telah menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam pertumbuhan pendapatan, kepuasan pelanggan, dan pengembangan layanan, dengan beberapa area yang memerlukan perhatian untuk meningkatkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Kinerja, Balanced Scorecard
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen
Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Ade Erma Suriani
Date Deposited: 16 Sep 2024 03:55
Last Modified: 16 Sep 2024 03:55
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/15140

Actions (login required)

View Item View Item