Implementasi Sosial Media Marketing Melalui Platform Instagram Sebagai Media Promosi Bisnis : Studi Pada PT. Ritra Cargo dan PT. Radio Bali Suara Mitra Dewata (Oz Radio Bali)

Bonita, Sonya (2025) Implementasi Sosial Media Marketing Melalui Platform Instagram Sebagai Media Promosi Bisnis : Studi Pada PT. Ritra Cargo dan PT. Radio Bali Suara Mitra Dewata (Oz Radio Bali). Diploma thesis, “Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_54533_2315772006_0031019202_0018108809_part (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
RAMA_54533_2315772006_full (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Sosial Media Marketing Melalui Platform Instagram sebagai Media Promosi Bisnis: Studi pada PT. Ritra Cargo dan PT. Radio Bali Suara Mitra Dewata (Oz Radio)” bertujuan untuk menganalisis peran sosial media marketing melalui platform Instagram sebagai strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis. Instagram, sebagai salah satu platform media sosial terpopuler dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif, menawarkan berbagai fitur seperti Instagram Stories, IGTV, dan Instagram Shopping yang memungkinkan bisnis untuk berinteraksi langsung dengan audiens. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada PT. Ritra Cargo, perusahaan jasa pengiriman barang, dan Oz Radio, stasiun radio, untuk mengevaluasi implementasi strategi pemasaran digital mereka melalui Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai media promosi mampu meningkatkan brand awareness, engagement, dan penjualan bagi kedua perusahaan. PT. Ritra Cargo memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan layanan pengiriman barang dengan konten visual yang menarik, sementara Oz Radio menggunakan platform ini untuk membangun interaksi dengan pendengar melalui konten audio dan visual yang kreatif. Kedua perusahaan juga memanfaatkan fitur Instagram Ads untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan tersegmentasi. Studi ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi sosial media marketing, seperti kebutuhan akan konten yang konsisten dan kreatif, serta analisis data yang akurat untuk mengukur efektivitas kampanye. Rekomendasi yang diberikan mencakup peningkatan kualitas konten, penggunaan alat analitik untuk mengukur performa, dan kolaborasi dengan influencer untuk memperluas jangkauan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sosial Media Marketing, Platform Instagram, Media Promosi Bisnis
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora
Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Prodi D2 Manajemen Operasi Bisnis Digital > Laporan Akhir
Depositing User: SONYA BONITA
Date Deposited: 27 Mar 2025 05:15
Last Modified: 27 Mar 2025 05:15
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/15852

Actions (login required)

View Item View Item