Sinaga, Natalia M. and Erawati, Ni Made Rai and Widana, I Putu Krisna Arta (2022) Penanganan Kedatangan Penumpang International Biro Perjalanan Wisata TIC Bali di Era Covid 19 oleh Staf Joumpa PT Gapura Angkasa di Bandar Udara International Ngurah Rai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_93402_1915813041_Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan referensi)
RAMA_93402_1915813041_0031126010_0711018902_Part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (423kB) |
Abstract
Pariwisata adalah rangkaian aktivitas dan kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh perorangan, kelompok atau keluarga ke suatu tempat secara sementara dengan tujuan mencari ketenangan, kedamaian, keseimbangan, keserasian dan kebahagiaan jiwa. Pariwisata didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah. Provinsi Bali memang tidak lepas dengan pariwisata, yang merupakan salah satu sektor terbesar perekonomian di Pulau Dewata. Bali menjadi salah satu tujuan wisata yang sudah tidak diragukan lagi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, karena sudah menjadi tujuan wisata dunia. Hal ini terbukti dari kunjungan wisatawan asing maupun domestik yang meningkat dari tahun ke tahun sebelum adanya pandemi Covid 19. Kegiatan industri pariwisata ini dapat terjadi karena adanya sarana dan prasarana yang mendukung jalannya kegiatan pariwisata seperti produk pariwisata seperti akomodasi yaitu hotel, villa, resort dan jenis penginapan lain. Sarana lain mendukung juga ada destinasi wisata dan transportasi baik transportasi laut, darat dan udara. Produk barang dan jasa ini muncul karena adanya aktivitas reaksi para wisatawan yang jauh dari tempat tinggalnya. Dalam hal ini mereka membutuhkan pelayanan transportasi, akomodasi, catering, hiburan, dan pelayanan lainnya. Jadi, produk industri pariwisata adalah keseluruhan pelayanan yang diterima oleh wisatawan, mulai meningggalkan tempat tinggalnya (asal wisatawan) sampai pada tujuan (daerah tujuan wisata) dan kembali lagi ke daerah asalnya. Pariwisata dikatakan sebagai industri, karena di dalamnya terdapat berbagai aktivitas yang bisa menghasilkan produk berupa barang dan jasa. Di era globalisasi ini, banyak orang menginginkan segala sesuatu yang dilakukan ataupun yang dikerjakan dapat terlaksana dengan cepat. Salah satu komponen penting yang mendukung keberhasilan perjalanan wisata adalah sarana transportasi, baik itu transportasi darat, laut maupun udara. Sarana transportasi yang banyak digunakan dalam melakukan suatu perjalanan wisata adalah pesawat udara, bus, kapal laut dan jenis transportasi lainnya. Dalam bidang transportasi, pesawat merupakan transportasi yang banyak digunakan untuk menempuh jarak perjalanan yang jauh dengan cepat. Perkembangan era globalisasi yang serba cepat ini, dapat dikatakan bahwa setiap orang atau kelompok yang melakukan perjalanan membutuhkan pelayanan tambahan atau jasa layanan fast track yang memberikan kemudahan bagi penumpang yang akan bepergian. Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan tambahan untuk mempermudah proses kedatangan maupun keberangkatan penumpang di Bandar udara adalah PT Gapura Angkasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial Humaniora Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir |
Depositing User: | Natalia M Sinaga |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 05:42 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 03:49 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/1597 |
Actions (login required)
View Item |