Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja pada LPD Desa Adat Telaga Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng

Widiayanti, Putu Wiwin and Astawa, I Putu Mertha and Jaya, I Made Sura Ambara (2022) Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja pada LPD Desa Adat Telaga Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62301_1815644025_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_62301_1815644025_0017036208_0011056712_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pengukuran kinerja pada LPD Desa Adat Telaga selama ini hanya menitikberatkan pada aspek keuangan saja. Pengukuran tersebut belum dapat menggambarkan kinerja perusahaan secara menyeluruh. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, dapat menggunakan konsep balanced scorecard yang terdiri dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja LPD Desa Adat Telaga yang diukur dengan metode balanced scorecard pada empat perspektif. Dalam mengukur kinerja keuangan menggunakan indikator Capital Adequacy Ratio (CAR), Return on Asset (ROA), Loan Deposit Ratio (LDR), dan Beban Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO). Kinerja perspektif pelanggan diukur menggunakan indikator retensi pelanggan, akuisisi pelanggan, dan kepuasan pelanggan. Kinerja perspektif proses bisnis internal, kinerja diukur berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada LPD Desa Adat Telaga untuk memperoleh informasi mengenai proses inovasi dan layanan purna jual yang ditawarkan selama tiga tahun terakhir. Sedangkan kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan diukur menggunakan indikator retensi karyawan, produktivitas karyawan, pelatihan karyawan, dan kepuasan karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengukuran kinerja pada perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang cukup baik karena adanya penurunan pada retensi pelanggan dan akuisisi pelanggan setiap tahun, sementara pengukuran kinerja pada perspektif keuangan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Ekonomi > Ilmu Manajemen > Manajemen
Divisions: Jurusan Akuntansi > Prodi D4 Akuntansi Manajerial > Skripsi
Depositing User: Putu Wiwin Widiayanti
Date Deposited: 13 Sep 2022 10:18
Last Modified: 13 Sep 2022 10:18
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item