Penanganan Incoming General Cargo pada PT Angkasa Pura Logistik

Iswara, Tri Prana and Sukmawati, Ni Made Rai and Sarja, Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari (2022) Penanganan Incoming General Cargo pada PT Angkasa Pura Logistik. Diploma thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93401_1915813027_full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover - Bab1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_93401_1915813027_0019036004_0823068601_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (729kB)

Abstract

Penanganan incoming cargo meliputi proses yang lebih komplek dibandingkan dengan outgoing cargo. Dalam penanganan incoming cargo sering terjadi permasalahan dalam pembayaran karena consignee mengira pengambilan barang tidak dikenakan biaya. Terdapat juga permasalahan seperti keterlambatan kedatangan barang yang diakibatkan karena peralihan pesawat maupun cuaca buruk yang membuat consignee harus menunggu terlalu lama, sehingga perlu dilakukan pengecekan manual untuk mengetahui informasi kedatangan barang. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan tentang Berdasarkan permasalahan yang telah dibahas di BAB IV mengenai Penanganan Incoming General Cargo pada Angkasa Pura Logistik, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Penanganan Incoming General Cargo pada PT. Angkasa Pura Logistik melalui 3 tahap yaitu: a. Tahap persiapan Pada tahap persiapan dalam Penanganan Incoming General Cargo pada PT Angkasa Pura Logistik diawali dengan tiba tepat waktu dengan pakaian rapi, membersihkan kantor untuk kenyamanan customer dan staf lainnya, dialnjutkan dengan menghidupkan komputer, mengecek komponen pendukung seperti, printer dan wifi, membuka whatsapp dan mengecek incoming cargo dari customer di whatsapp, stand by melayani pelanggan yang ingin melakukan pengambilan barang langsung di kantor. b. Tahap pelaksanaan Setelah tahap persiapan selesai, dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan yang diawali dengan menerima pengambilan incoming general cargo dari customer, kemudian mengecek Air Waybill incoming general cargo. Setelah mengetahui nomor AWB dilanjutkan dengan tracking melalui sistem Lion Air, selanjutnya melakukan pengecekan manual untuk c. Tahap penyelesaian Tahap terakhir adalah tahap penyelesaian dengan penghitungan volume weight dan actual weight yang menjadi penentu harga pengambilan barang yang harus dibayar oleh pihak consignee, melakukan proses pembayaran dengan biaya pengambilan barang yang sudah dikenakan biaya admin, kemudian pembuatan dan pemberian surat tanda terima sebagai bukti pengambilan barang. 2. Hambatan dan solusi saat Penanganan Incoming General Cargo pada PT. Angkasa Pura Logistik. a. Terjadi Keterlambatan Kedatangan Barang Untuk mengatasi permasalahan ini maka perlu dilakukan tracking manual dengan mencari jadwal penerbangan pesawat yang dialihkan di www.google.co. Selanjutnya menginformasikan kepada consignee tentang jam kedatangan pesawat. Jika kedatangan pesawat sebentar lagi, maka consignee dipersilahkan untuk menunggu dan jika barang datang lebih lama maka consignee diberikan untuk kembali lagi. b. Kurangnya staf Operasional. Pengurangan terjadi karena masa pandemi yang mengakibatkan beberapa staf dirumahkan, sehingga sering terjadi keterlambatan dalam penanganan incoming general cargo yang membuat consignee menunggu terlalu lama. Kurangnya staf operasional sangat berpengaruh dalam kegiatan penanganan incoming cargo. Cara mengatasi kendala tersebut adalah menambah staf operasional dan membagi dalam penanganan barang. Koordinator operasional menugaskan salah satu staf operasional untuk menangani incoming cargo dan staf operasional lainnya ditugaskan untuk menangani outgoing cargo. B. Saran Dalam hal ini penulis ingin menyarankan dengan harapan dapat bermanfaat bagi PT Angkasa Pura Logistik Cabang Bali, yaitu menambah jumlah staf operasional dan koordinator staf membagi operasional staf menjadi 2 job desc yaitu menangani incoming cargo dan outgoing cargo, sehingga memudahkan dalam pengambilan barang incoming maupun pengiriman barang outgoing dan mempercepat proses penanganan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata > Tugas Akhir
Depositing User: Tri Prana Iswara
Date Deposited: 24 Sep 2022 08:49
Last Modified: 24 Sep 2022 08:49
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item View Item