Subawa, I Wayan and Suparta, I Nyoman and Santosa, I Gede (2022) Konversi Sepeda Motor Yamaha Mio Menggunakan Motor Listrik Type BLDC 3000 Watt. Diploma thesis, Polkiteknik Negeri Bali.
Text (Full Text)
RAMA_21401_1915213118_full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Cover-Bab 1, Bab 5 dan Referensi)
RAMA_21401_1915213118_0031126377_0024096604_part.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Saat ini pemanfaatan energi listrik untuk sarana transportasi sudah mulai digandrungi masyarakat, karena tidak menimbulkan polusi suara, biaya operasional yang murah, dan kendaraan yang ringan. Semakin banyak pemanfaatan teknologi listrik ini, maka polusi dapat ditekan, biaya-biaya dapat ditekan, kerusakan jalan dapat ditekan, karena alat transportasi listrik lebih ringan. Sepeda motor listrik adalah kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo/motor listrik. Seiring dengan adanya masalah pemanasan global dan kelangkaan BBM maka kini produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor listrik termasuk didalamnya. Sampai sekarang di Indonesia telah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam yang dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan melakukan eksperimen, pengamatan dan melakukan perhitungan atas data-data sepeda motor Yamaha Mio yang ada dan mengkonversi kedalam kebutuhan motor listrik yang berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, di-mana antara peneliti dan obyek yang diteliti merupakan dualisme dan independen antara satu dengan lainnya. Dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan se-buah sepeda motor listrik. Pada kendaraan listrik ini terdapat 4 komponen utama, yaitu Motor Listrik, Baterai, Controller, dan Handle Gas/Throttle. Hasil konversi ini telah menghasilkan sebuah sepeda motor listrik yang green dan ekonomis. Hasil pengujian dilakukan dengan uji jalan mendatar dan tan-jakan dimana masing masing dilakukan dengan variasi kecepatan yang berbeda, untuk jarak tempuh mencapai 75 Km/Jam dan bobot kendaraan 73 Kg Peneliti sangat merekomendasikan untuk mengkonversi sepeda motor bakar menjadi sepeda motor listrik. Kata Kunci : Green, kendaraan, listrik, konversi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Teknik Ilmu Teknik > Ilmu Keteknikan Industri > Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) |
Divisions: | Jurusan Teknik Mesin > Prodi D3 Teknik Mesin > Tugas Akhir |
Depositing User: | I Wayan Subawa |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 17:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 17:13 |
URI: | http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/2902 |
Actions (login required)
View Item |