Pelayanan Breakfast pada Masa Pandemi Covid-19 di Taman Gita Restaurant pada Intercontinental Bali Resort

Suyasna, I Gede and Sumawidari, Ida Ayu Ketut and Yulianthi, Ayu Dwi (2022) Pelayanan Breakfast pada Masa Pandemi Covid-19 di Taman Gita Restaurant pada Intercontinental Bali Resort. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Bali.

[img] Text (Full Text)
RAMA_93402_1915823168_full.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover-Bab 1,Bab 5, Referensi)
RAMA_93402_1915823168_0005077210_0015078501_part.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (736kB)

Abstract

Intercontinental Bali Resort merupakan salah satu resort bintang 5 (lima) terkenal di Bali yang berlokasi di Jalan Uluwatu 45, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Intercontinetal Bali Resort bahkan sudah terverifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) yang berarti sudah terjamin kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan hotel dan sudah memenuhi standar nasional sehingga sudah sangat aman untuk dikunjungi oleh wisatawan di masa pandemi ini. Guna menunjang kelancaran operasional di Intercontintal Bali Resort, terdapat berbagai departemen didalamnya yang memiliki tugas dan tanggung jawab pada masing-masing bidangnya. Departemen tersebut terdiri dari Departemen Front Office, Departemen Housekeeping, Departemen Food and Beverage, Departemen Engineering, Departemen Accounting, Departemen Human Resource, Departemen Sales and Marketing, Departemen Spa, serta Departemen Security. Departemen Food and Beverage merupakan salah satu departemen penunjang berjalannya operasional di Intercontintal Bali Resort. Semua departemen maupun section yang ada di Intercontinental Bali Resort sangat berperan penting dalam menjalankan operasional hotel tersebut. Khususnya untuk F&B departmen ada 2 (dua) yaitu: F&B Service dan F&B Product. Intercontinental Bali Resort memiliki 5 (lima) restaurant yaitu: Taman Gita Terrace, Jimbaran Garden, Sunset Bar and Grill, Bella Cucina, KO Japanese Restaurant, Club Lounge. Taman Gita Terrace khusus melayani tamu yang ingin breakfast. Restaurant ini menawarkan hidangan lokal dari bahan-bahan yang segar dan makanan sehat, sedangkan untuk Jimbaran Garden, Sunset Bar and Grill, Bella Cucina Restaurant khusus untuk melayani tamu saat dinner sambil menikmati pemandangan alam dari pohon yang tinggi serta view pantai yang indah. Jenis pelayanan makanan di Taman Gita Terrace saat breakfast yaitu menggunakan buffet service. Buffet service adalah cara penyajian makanan di atas meja panjang atau prasmanan yang mana tamu akan mengambil sendiri makanan yang ada di meja prasmanan tersebut, berbagai makananan dan minuman seperti egg, bakso, pastry, fresh fruit, fresh juice, smoothies, yogurt dan yang lainnya akan ditata rapi di atas meja prasmanan. Untuk harga buffet breakfast per pax Rp. 250.000++ sehingga tamu akan bebas memilih makanan apa yang mereka inginkan, karena semua makanan dan minuman sudah tertata rapi di atas meja prasmanan dan tugas dari waiter/waitress hanya melayani tamu untuk memesan coffee atau tea, dan membantu tamu membawakan makanannya serta setelah tamu selesai makan waiter/waitress akan melakukan clear up supaya piring kotor tidak banyak ada di meja tamu. Dapat disimpulkan bahwa waiter/waitress adalah seseorang yang menyajikan makanan dan minuman di dalam sebuah restoran atau bar. Terdapat perbedaan antara jenis pelayanan disaat pandemi (era new normal) dan sebelum adanya pandemi di Intercontinental Bali Resort. Saat melayani tamu sebelum adanya pandemi COVID-19 waiter/waitress tidak menggunakan protokol kesehatan, sedangkan pada saat pandemi COVID-19 waiter/waitress menggunakan protokol kesehatan seperti: masker, sarung tangan, hand sanitizer, dan menjaga jarak pada saat melayani tamu pada Taman Gita Terrace di Intercontinental Bali Resort. Berdarkan latar belakang tersebut diatas maka penulis tertarik untuk mengangkat judul “Pelayanan Breakfast Pada Masa Pandemi COVID-19 Pada Taman Gita Restaurant di Intercontinental Bali Resort”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial Humaniora > Ilmu Sosial
Divisions: Jurusan Pariwisata > Prodi D3 Perhotelan > Tugas Akhir
Depositing User: I Gede Suyasna
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:49
Last Modified: 29 Sep 2022 01:49
URI: http://repository.pnb.ac.id/id/eprint/3275

Actions (login required)

View Item View Item